3 Penyakit Warga Gaza Akibat Agresi Israel sejak 7 Oktober 2023

Minggu, 26 Mei 2024 - 18:27 WIB
loading...
A A A

3. Gangguan Mental

Kesehatan mental masyarakat di Gaza, termasuk staf medis, juga dilaporkan buruk. Kebanyakan pasien yang datang ke klinik MSF memiliki gejala yang berhubungan dengan kecemasan dan stres, termasuk kondisi psikosomatis dan depresi.

Beberapa orang yang merawat anggota keluarga dengan gangguan kesehatan mental yang parah terpaksa memberikan obat penenang berlebihan untuk menjaga mereka tetap aman dan mencegah pasien tersebut melukai diri sendiri atau orang lain, karena kurangnya layanan khusus yang masih berfungsi di Gaza.

"Bagi tim kami, mencoba mendukung sistem layanan kesehatan di Gaza yang hancur merupakan tantangan yang sangat berat karena ketidakamanan. Kami juga menghadapi tantangan besar dalam menyalurkan pasokan medis dan bantuan kemanusiaan ke Gaza karena penundaan dan pembatasan yang dilakukan oleh otoritas Israel," kata Sylvain Groulx, koordinator darurat MSF.

“Staf medis Palestina sangat terampil dan hanya perlu diberikan sarana untuk bekerja dalam kondisi yang dapat diterima serta bermartabat untuk merawat dan menyelamatkan nyawa. Namun, saat ini semua hal tersebut masih mustahil dilakukan. Tanpa gencatan senjata yang segera dan berkelanjutan, serta masuknya bantuan kemanusiaan yang berarti, kita akan terus melihat lebih banyak orang meninggal,” pungkas Groulx.
(tsa)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)
pixels