7 Kota Terdingin Indonesia di Luar Pulau Jawa

Selasa, 28 Mei 2024 - 13:43 WIB
loading...
7 Kota Terdingin Indonesia di Luar Pulau Jawa
Kota terdingin di Indonesia ada di berbagai wilayah. Tak cuma di Jawa, kota terdingin Indonesia juga ada di luar Pulau Jawa. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Kota terdingin di Indonesia ada di berbagai wilayah. Tak cuma di Jawa, kota terdingin Indonesia juga ada di luar Pulau Jawa.

Sebagai negara tropis, suhu Indonesia cenderung hangat sepanjang tahun, dengan kisaran rata-rata 25-30 derajat celsius. Namun, tidak dengan beberapa kota yang akan dibahas dalam artikel ini. Berada di dataran tinggi, membuat tempat tersebut memiliki suhu udara rendah, terutama di pada malam hari.

Sejumlah kota di luar Pulau Jawa mengalami hal demikian, sehingga menjadi sangat dingin.


Kota Terdingin Indonesia di Luar Pulau Jawa

1. Mulia, Papua

Mulia merupakan kota pegunungan kecil yang terletak di ketinggian 2.448 mdpl. Kota Mulia dikelilingi Pegunungan Jayawijaya yang terkenal dengan salju abadinya. Rata-rata suhu di siang hari mencapai 15 derajat celsius, sementara di malam hari mencapai 9 derajat celsius.

2. Gayo Lues, Aceh

Gayo Lues terletak di ketinggian 1.000 mdpl. Rata-rata suhu udaranya mencapai 16 derajat celsius.

3. Ruteng, Nusa Tenggara Timur

Berada di ketinggian 1.200 mdpl, Ruteng memiliki udara yang cukup dingin, dengan rata-rata suhu mencapai 11 derajat celsius.

4. Padang Panjang,Sumatera Barat

Terletak 650 hingga 950 mdpl, Padang Panjang memiliki udara yang cukup dingin. Tiga gunung mengelilingi Padang Panjang yaitu Gunung Marapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Tandikat. Suhu udara terendah di sini mencapai 21 derajat celsius.


5. Berastagi, Sumatera Utara

Terletak di ketinggian 1.300 mdpl, Berastagi memiliki udara yang cukup dingin. Diapit oleh Gunung Sibayah dan Gunung Sinabung, Berastagi memiliki suhu terendah 16 derajat celsius.

6. Waghete, Papua

Waghete merupakan kota kecil yang terletak di Kabupaten Deiyai. Suhu di Waghete bisa mencapai 15 derajat celsius pada siang hari, sementara saat malam 10 derajat cesius.

7. Mamasa, Sulawesi Barat

Mamasa terletak di ketinggian 1.900 mdpl. Suhu di Mamasa berkisar antara 16-23 derajat celsius.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1012 seconds (0.1#10.140)
pixels