alexametrics

10 Lagu Penuh Kenangan Era 90an di Film Captain Marvel

loading...
10 Lagu Penuh Kenangan Era 90an di Film Captain Marvel
Ada 10 lagu hit di film Captain Marvel yang akan membawa kenangan kembali ke era 90an. Jadi, jangan kaget jika Anda autonyanyi saat mendengarkan lagu-lagu itu. (BookMyShow)
A+ A-
JAKARTA - Film Captain Marvel membawa banyak nostalgia di era 1990an dengan banyak hal. Dari toko Blockbuster hingga masa-masa kampanye pemilu presiden Amerika Serikat (AS) pada 1995, film ini bakal membuat mereka yang muda di kala itu terkenang-kenang.

Tak hanya setting lokasi dan kondisi di zamannya, film ini juga menampilkan sederet musik yang hit pada 1995. Jadi, jangan heran ketika Anda nonton film ini, Anda bakal autokaraoke dan menyanyi tanpa disuruh. Lagu-lagu yang ditampilkan ini ada yang memang menjadi hit besar, tapi ada juga yang sedikit terlupakan.

Bagi Anda yang sudah menonton, tentu tahu lagu apa saja yang ada di film ini. Bagi Anda yang belum, ini adalah mild-spoiler yang ditulis tanpa harus menyebutkan adegan apa yang menampilkan lagu-lagu hit ini.

1. Salt-N-Pepa — Whatta Man













Lagu ini hit pada 1993 dan merupakan sebuah lagu cover dari lagu milik Linda Lyndell, yang aslinya berjudul What A Man. Lagu itu awalnya dirilis pada 1968 dan mampu menembus Billboard Hot Rhythm & Blues Singles di urutan 50. Pada 1993, Salt-N-Pepa merekam lagu itu dengan judulnya menjadi Whatta Man. Mereka menggandeng En Vogue yang menyanyikan bagian reff lagu tersebut. Lagu ini kemudian menembus Billboard Hot 100 dengan posisi puncak berada di peringkat tiga.

2. Elastica — Connection










Lagu ini awalnya dirilis pada 1994 sebagai single. Namun, versi albumnya baru dirilis pada 1995 di album debut grup Britpop tersebut. Lagu ini nangkring di posisi 17 di UK Singles Chart dan menjadi satu dari sedikit lagu lagu Britpop yang nge-pop di Amerika Utara. Lagu itu masuk Billboard Hot 100 di peringkat 53, Billboard Modern Rock Tracks di peringkat 2 dan di RPM Top Singles Kanada di peringkat 9.

3. Garbage — Only Happy When It Rains










Lagu ini membuat saya autonyanyi di studio saat nonton Captain Marvel begitu muncul di sebuah adegan dan lumayan lama durasinya. Dirilis sebagai single ketiga dari album Garbage pada 1995, lagu ini adalah parodi tema kemarahan rock alternatif di era 1990an dan referensi sarkastik terhadap tema gelap lagu-lagu Garbage. Lagu ini mendapatkan review positif atas produksi dan vokal sang vokalis, Shirley Manson. Lagu ini tampil baik di banyak tangga lagu di Inggris dan Amerika. Lagu ini pernah di-cover Metallica.

4. R.E.M — Crush With Eyeliner










Vokalis R.E.M, Michael Stipe, mengklaim lagu yang diris sebagai single keempat dari album ke-9 mereka, Monster (1994), terinspirasi dari band New York Dolls. Dia menilai band itu tahu bagaimana membesar-besarkan sebuah lagu dan membuatnya terdengar sangat kotor dan berlebihan. Ini adalah lagu pertama yang dibuat Michael setelah kematian temannya, River Phoenix.

5. TLC — Waterfalls










Jangan ngaku anak 90an kalau sampai tak tahu lagu ini! Meski hanya tampil sekilas di film Captain Marvel, tapi lagu ini akan sangat mudah dikenali dari intronya saja. Diambil dari album kedua TLC, CrazySexyCool (1994), lagu ini tidak hanya enak didengarkan atau dinyanyikan, tapi juga memiliki pesan yang sangat kuat. Dinominasikan untuk dua Grammy pada 1996, lagu yang ditulis mendiang Lisa “Left Eye” Lopes ini mengangkat isu perdagangan narkoba, pergaulan bebas dan HIV/AIDS. Video lagu ini memenangkan 4 MTV Video Music Awards pada 1995.

6. Des'ree — You Gotta Be










Dirilis pada 1994—1995, lagu milik penyanyi asal Inggris ini menjadi top 40 hit di sejumlah negara dan top 10 hit di Amerika Serikat. Lagu ini sering dipakai untuk sejumlah iklan di televisi.

7. R.E.M. — Man on the Moon











R.E.M. adalalah satu-satunya band yang tampil dua kali dengan dua lagu berbeda di film Captain Marvel. Man on the Moon akan mudah dikenali dari intronya saat Anda nonton film ini. Lagu ini adalah single kedua dari album Automatic for the People yang dirilis pada 1992. Lagu ini sebenarnya adalah tribute untuk komedian Andy Kaufman dengan sejumlah referensi pada kariernya seperti meniru Elvis, gulat, dan film My Breakfast with Blassie. Judul lagu dan reff-nya merujuk pada konspirasi teori pendaratan di bulan dan rumor bahwa kematian Andy pada 1984 itu palsu. Lagu ini kemudian menjadi judul film Man on the Moon (1999) yang dibuat berdasarkan hidup Andy dan menjadi soundtrack film Milos Forman tersebut.

8. Nirvana—Comes As You Are










Pada 1990an, scene musik banyak diwarnai munculnya band rock yang mumpuni dan dimulainyua aliran grunge. Salah satu band itu adalah Nirvana. Band beraliran grunge ini menembus kepopulerannya dengan lagu Smell Like Teen Spirits di album kedua mereka, Nevermind. Come As You Are adalah single kedua dari album ini yang tak kalah populer.

9. No Doubt — Just A Girl










Dirilis sebagai single utama album ketiga No Doubt, Tragic Kingdom (1995), Just a Girl adalah lagu tentang perspektif sang vokalis, Gwen Stefani, atas hidupnya sebagai wanita dan perjuangannya dengan orang tua yang sangat ketat. Just a Girl adalah lagu pertama yang ditulis Gwen tanpa dibantu kakaknya, Eric.

10. Hole — Celebrity Skin










Single ke-10 band yang digawangi istri mendiang Kurt Cobain, Courtney Love ini adalah lagu tersukses band tersebut. Lagu ini berisi rujukan kepada puisi A Superscription karya Dante Gabriel Rossetti, The Merchant of Venice (William Shakespeare) dan Long Day Journey into Night (Eugene O’Neill). Lagu ini dipakai di film American Pie tapi tidak muncul di album soundtrack. Lagu ini juga tampil di film Hope dan dinyanyikan di salah satu episode Glee. Salah satu baris di lagu ini menginspirasi Garbage untuk judul album ketiga mereka, Beautiful Garbage.
(alv)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak