Benarkah Nasi Sisa Kemarin Mengandung Kadar Gula Lebih Rendah?

Jum'at, 31 Mei 2024 - 07:30 WIB
loading...
Benarkah Nasi Sisa Kemarin...
Nasi sisa kemarin dipercaya mengandung kadar gula lebih rendah dibandingkan nasi panas. Temuan ini berdasarkan penelitian di jurnal Nutrition and Diabetes. Foto/Paint The Kitchen Red
A A A
JAKARTA - Nasi sisa kemarin dipercaya mengandung kadar gula lebih rendah dibandingkan nasi panas. Temuan ini berdasarkan sebuah penelitian baru yang diterbitkan di jurnal Nutrition and Diabetes.

Dilansir dari Business Insider, Jumat (31/5/2024) disebutkan bahwa makan nasi yang dipanaskan kembali alih-alih yang baru dimasak dapat memperlambat lonjakan gula darah bagi penderita diabetes.

Sekelompok peneliti Polandia dari Universitas Ilmu Kedokteran Poznan mempelajari 32 pasien dengan diabetes tipe 1. Mereka membandingkan kadar gula darah mereka setelah makan dua makanan uji yang berbeda.

Satu kali makan adalah nasi putih long-grain, sekitar 46 gram karbohidrat, disiapkan dan disajikan segera. Yang lainnya adalah porsi nasi yang sama, tetapi dibiarkan dingin di lemari es selama 24 jam, lalu dipanaskan kembali dan disajikan.

Baca Juga: Apakah Boleh Mengganti Nasi dengan Mi? Ini Penjelasan Ahli Gizi

Peneliti menemukan bahwa ketika peserta makan nasi dingin, kadar gula darah mereka secara signifikan lebih stabil, dengan peningkatan yang lebih sedikit secara keseluruhan, dan waktu puncak yang lebih singkat daripada ketika mereka makan nasi panas.

Hasilnya menunjukkan karbohidrat dingin seperti nasi dapat membantu mengontrol gula darah. Menurut para peneliti, ini berkat jenis karbohidrat tertentu yang disebut pati resisten. Porsi nasi dingin dalam penelitian ini mengandung pati yang secara signifikan lebih tahan daripada nasi panas.

Bukti menunjukkan pati resisten dicerna lebih lambat. Akibatnya, pati resisten dapat membantu menyeimbangkan penyerapan karbohidrat lain untuk menyeimbangkan gula darah, mirip dengan serat.

Sebuah studi serupa pada 2015, yang dilakukan pada orang tidak mengidap diabetes menemukan hasil yang sama, dengan nasi dingin menyebabkan lebih sedikit lonjakan gula darah.

Baca Juga: Benarkah Masak Nasi dengan Minyak Kelapa Bisa Turunkan Kadar Kalorinya?

Para ahli mengatakan mengonsumsi pati yang lebih tahan dari karbohidrat dingin juga memiliki manfaat lain. Seperti mengatur nafsu makan untuk membuat Anda kenyang setelah makan, mencegah penurunan energi, atau bahkan membantu menurunkan berat badan.

“Jika orang-orang berada dalam misi menghilangkan lemak tubuh dan mereka ingin menurunkan kadar gula darah, atau jika mereka melihat produktivitas mereka dan menghindari lemas sore hari, akan bermanfaat untuk mencoba dan mengonsumsi lebih banyak pati yang resisten," kata ahli gizi Rhiannon Lambert.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Tak Hanya Ganggu Mental,...
Tak Hanya Ganggu Mental, Sering Marah-marah Bisa Melemahkan Daya Tahan Tubuh
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Sering Melewatkan Sarapan, Risiko Diabetes Bisa Meningkat
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Gula Berlebihan pada Anak, Bisa Turunkan Kecerdasan
Stop Pakai Sarung Tangan...
Stop Pakai Sarung Tangan Plastik Saat Makan, Ini Bahayanya bagi Kesehatan!
Jangan Tunggu Sirosis,...
Jangan Tunggu Sirosis, Dokter Ingatkan Pentingnya Menjaga Kesehatan Hati Sejak Dini
3 Gerakan Sederhana...
3 Gerakan Sederhana agar Tubuh Lebih Segar dan Tidak Kaku saat Bangun Tidur
Transformasi Rejuve...
Transformasi Rejuve Dorong Kebiasaan Hidup Sehat
Perjuangkan Nasib Dokter...
Perjuangkan Nasib Dokter Muda, PDMI Minta Pemerintah Buka Kembali Akses Ujian Kompetensi
Hidup dengan Multiple...
Hidup dengan Multiple Sclerosis, Penderita Kelihatan Baik-baik Saja meski Berjuang Dalam Diam
Rekomendasi
Refly Harun Pertanyakan...
Refly Harun Pertanyakan Nasib Kasus Roy Suryo Cs: Sudah 30 Kali Wajib Lapor, Kasus Belum Jelas
BYD M6 DM Diklaim Irit...
BYD M6 DM Diklaim Irit 65 Km/Liter, Sudah Diuji 150 Km Nyaris Tanpa Minum Bensin
Tegang Sejak Pagi! 32...
Tegang Sejak Pagi! 32 Tim Terbaik Liga Bintang Juara Bersaing Menuju Jakarta
Berita Terkini
Kasus Erin Berbalik...
Kasus Erin Berbalik Arah? Bukti Psikologis Nur Disebut Untungkan Herawati
Tak Hanya Ganggu Mental,...
Tak Hanya Ganggu Mental, Sering Marah-marah Bisa Melemahkan Daya Tahan Tubuh
Babak Baru Kasus Erin...
Babak Baru Kasus Erin Wartia, Pelapor Serahkan Dokumen LPSK ke Penyidik
Pesona China yang Berbeda:...
Pesona China yang Berbeda: Eksplor Keunikan Infrastruktur Chongqing dan Alam Zhangjiajie
Cut Meyriska Syok Hanania...
Cut Meyriska Syok Hanania Travel Bermasalah, Padahal Sudah Kantongi Akreditasi dan Rekor MURI
Desainer Indonesia Ditantang...
Desainer Indonesia Ditantang Jadi Agen Perubahan, Tak Lagi Sekadar Estetika
Infografis
Benarkah Makan Banyak...
Benarkah Makan Banyak saat Sahur Bisa Cegah Lapar Lebih Lama?
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved