Menjelajahi Cita Rasa dan Atmosfer Turki yang Memukau Lidah dan Jiwa di Warung Turki

Jum'at, 31 Mei 2024 - 14:16 WIB
loading...
Menjelajahi Cita Rasa dan Atmosfer Turki yang Memukau Lidah dan Jiwa di Warung Turki
Pemilik Warung Turki Yanti S. Zorlu yang komitmen hadirkan rasa otentik masakan Turki di Jakarta.
A A A
JAKARTA - Menghidangkan fusion food bagi pelanggan, biasanya menjadi pilihan pengusaha kuliner saat ini. Selain menarik pelanggan baru dan pastinya untuk meningkatkan profit, fusion food menjadi strategi untuk mengembangkan bisnis kuliner di era modern.

Tapi strategi ini tidak dipilih oleh Pemilik Warung Turki yang terletak di bilangan Jakarta Selatan ini. Restoran yang berdiri pada tahun 2015 ini memilih menghidangkan hidangan asli Turki. Bahkan untuk menghadirkan cita rasa asli, sebagian bahan dan bumbu, diboyong langsung dari negeri berjuluk Tanah Seribu Budaya ini.

Pemilik Warung Turki Yanti S. Zorlu menuturkan ia dan suaminya Chef Sezai Zorlu yang berasal dari Turkiye memiliki komitmen kuat untuk menghidangkan masakan asli Turkiye baik bahan, rempah maupun prosesnya.

"Kami ingin menghadirkan masakan asli Turkiye asli tanpa modifikasi. Kami percaya produk yang berkualitas, serta ingredien yang asli serta kita proses dengan baik, akan menghadirkan makanan yang disukai semua orang, dan menyehatkan, " katanya

Dan, rasanya apa yang diyakini Yanti betul adanya. Warung ini sebagian besar dikunjungi oleh warga lokal bahkan hingga 80 persen. " Di Jakarta, warga Turkiye hanya sekitar 5 persen. Jadi pengunjung di sini sebagian besar warga lokal, " ujar wanita yang juga aktif MUSIAD Turki ini.

Beri Pengalaman Tak Terlupakan
Restoran ini memang tidak hanya menarik perhatian dari sisi keotentikan hidangan. Experience pengunjung pun juga sangat diperhitungkan. Ambience "Turkiye" sudah terasa saat kaki memasuki pintu restoran.

Saat memasuki restoran, kita bagaikan dibawa ke sebuah desa kecil kuno di Mediterania Turki. Setiap detail telah dirancang dengan cermat untuk memberikan gambaran sekilas tentang Turki kepada para tamu. Mulai dari atap bambu tradisional yang digantung dengan lentera mozaik warna-warni yang indah, hingga dinding yang dicat dengan warna biru kehijauan, dipilih sebagai warna tema Warung Turki karena representasi Laut Mediterania.

Menjelajahi Cita Rasa dan Atmosfer Turki yang Memukau Lidah dan Jiwa di Warung Turki

Oven kayu tradisional Turki

Hal pertama yang Anda lihat saat memasuki restoran adalah oven api kayu yang indah, dihiasi dengan bunga tulip tradisional Turki dan 'mata iblis' besar di atasnya.

Inilah inti dari keajaiban kuliner Warung Turki di mana banyak makanan Turki yang dimasak di oven kayu. Di lantai dua, artefak antik dipajang di dalam “pigeon hole” yang merupakan inspirasi dari Cappadocia, sedangkan kursi dan meja dibuat khusus.

Di lantai tiga, suasana semakin santai dan lapang dengan dua hiasan pohon imitasi untuk memberikan nuansa al fresco. Di sinilah juga letak bar, dan juga area lounge dengan sofa antik berwarna-warni, dikelilingi pemandangan luar ruangan Kemang dari jendela besarnya.

“Orang Turki suka menikmati suasana di ruang terbuka, berbincang santai dengan keluarga di bawah pohon. Jadi pohon ini memberi nuansa suasana di keseharian orang Turki, “ tutur Yanti yang telah malang melintang di dunia public relation ini.

Dari langit-langit kaca, digantung lampu gantung yang dibuat khusus, menampilkan desain penari Sufi dari Turki dan desain tradisional cangkir teh Turki.

Persembahan untuk Orang-orang Tercinta
Restoran ini merupakan gagasan dari Chef Sezai Zorlu, satu-satunya ahli masakan Turki dan kerajaan Utsmaniyah di Jakarta. Warung Turki adalah penghargaan Chef Sezai terhadap masakan yang paling ia sayangi: masakan ibunya dan neneknya. Rasa hormatnya terhadap latar belakangnya juga meluas ke bapak pendiri tanah airnya, itulah sebabnya Anda akan melihat foto besar Kemal Pasha Attaturk di Warung Turki.

“Warung Turki lebih ‘mendalam’ bagi saya karena di sinilah saya menyajikan makanan yang biasa saya makan dan memasak bersama ibu dan nenek saya di kampung halaman saya, di mana makanan tersebut ditentukan oleh hasil musiman dan sayuran yang kami tanam sendiri.”

Sezai menjelaskan dalam upaya mencari keaslian, Warung Turki tidak berkompromi baik dalam metode maupun kualitas produk yang digunakan, banyak di antaranya yang diimpor sendiri oleh restoran tersebut.

Seperti halnya Turkuaz, hampir seluruh proses memasak dilakukan seluruhnya di oven api kayu milik restoran.

Dalam menunya, para tamu dapat menikmati hidangan panggangan arang kayu pedesaan dan otentik serta hidangan oven api kayu seperti daging domba, ayam, dan daging sapi dan hidangan pembuka yang seperti Humus dan Babaganuc.

Hidangan khas favorit lainnya adalah Gozleme, roti tipis berbentuk setengah bulan yang baru dibuat dengan isian ala pedesaan. Selain itu Firinda Kuzu Inck, betis domba dengan jamur panggang, bawang merah dan bawang putih yang disajikan dengan nasi mentega. Favorit koki, Kagit Kebabi, kebab daging cincang dengan cabai dan tomat, dipanggang dalam oven kayu, disajikan dengan roti. Sangat menggoda.

Menjelajahi Cita Rasa dan Atmosfer Turki yang Memukau Lidah dan Jiwa di Warung Turki

Sultan Platter

Hummus, yakni hidangan klasik Timur Tengah yang terbuat dari kacang chickpeas, tahini, minyak zaitun, jus lemon, dan bawang putih, juga wajib anda coba. Hidangan ini biasanya disajikan dengan roti pide

Beberapa makanan penutup yang paling populer adalah Sutlac hidangan yang cocok untuk para vegetarian, puding nasi krim dingin dengan taburan bubuk kayu manis, dan tidak ada kunjungan ke restoran Turki tanpa mencicipi Baklava yang khas dengan 24 lapis filo dengan kacang kering pilihan, yang terbaik di Jakarta bahkan Indonesia.

Anda juga bisa menikmati Pide, yaitu roti pipih yang diisi dengan berbagai topping, seperti daging cincang domba, keju, atau sayuran. Keju yang dipergunakan diproses sendiri yang memunculkan sensasi khas di mulut. Pide juga dibakar dengan kayu khusus yakni kayu pohon kopi atau pohon rambutan. Sehingga hasil panggangan memiliki aroma dan cita rasa rasa yang smokey. Selain itu masih ada puluhan makanan Turki lain, yang patut Anda coba

Tak hanya hidangan dan suasananya yang nyaman, harga yang ditawarkan sangat terjangkau untuk hidangan yang lezat dan porsinya yang besar. Selain itu, para pelayan di Warung Turki biasanya ramah dan sigap dalam melayani pengunjung.

Bagi para pecinta kuliner yang ingin merasakan sensasi rasa yang berbeda dan autentik, Warung Turki adalah pilihan yang tepat. Dengan hidangannya yang lezat, suasananya yang nyaman, dan harganya yang terjangkau, Warung Turki siap memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.
(atk)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2327 seconds (0.1#10.140)
pixels