8 Gejala Diabetes hanya Muncul di Pagi Hari, Waspada Kesemutan

Rabu, 12 Juni 2024 - 05:00 WIB
loading...
8 Gejala Diabetes hanya Muncul di Pagi Hari, Waspada Kesemutan
Beberapa gejala diabetes hanya muncul di pagi hari tanpa disadari para penderitanya. Diabetes kondisi yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Beberapa gejala diabetes hanya muncul di pagi hari tanpa disadari para penderitanya. Diabetes sendiri merupakan suatu kondisi kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah.

Diabetes dapat menunjukkan berbagai gejala pada waktu yang berbeda dalam sehari. Khususnya, beberapa tanda peringatan terlihat jelas pada pagi hari.

Memahami gejala-gejala ini dapat membantu dalam deteksi dini dan penanganan kondisi ini. Berikut adalah beberapa gejala diabetes yang hanya muncul di pagi hari dilansir dari Times of India, Rabu (12/6/2024).

Gejala Diabetes di Pagi Hari





1. Fenomena Fajar


Kadar gula tinggi (Hiperglikemia) pagi hari, sering disebut sebagai fenomena fajar, terjadi ketika kadar gula darah meningkat secara signifikan di pagi hari, biasanya antara pukul 04.00 dan 08.00. Hal ini terjadi karena ritme sirkadian alami tubuh, yang meningkatkan produksi glukosa dan glukosa tertentu.

Hormon seperti kortisol dan hormon pertumbuhan dapat menyebabkan resistensi insulin, yang mengakibatkan kadar gula darah lebih tinggi saat bangun tidur.

2. Rasa Haus yang Belebihan


Gejala umum diabetes adalah rasa haus yang berlebihan, yang dalam istilah medis dikenal sebagai polidipsia. Penderita diabetes sering kali terbangun dengan perasaan sangat haus karena tubuh mereka berusaha mengatur kadar gula darah yang tinggi.

Ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring dan menyerap kelebihan glukosa, dan proses ini membutuhkan banyak cairan. Sehingga menyebabkan dehidrasi dan peningkatan rasa haus.

3. Sering Buang Air Kecil


Sering buang air kecil, atau poliuria, adalah gejala lain diabetes, yang terutama terlihat pada malam hari dan dini hari. Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan ginjal menyaring lebih banyak glukosa, yang kemudian menarik air bersamanya, sehingga meningkatkan produksi urine.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)
pixels