7 Tips Membersihkan Sayuran Hijau, Penting Pisahkan Daun Layu

Jum'at, 14 Juni 2024 - 00:05 WIB
loading...
7 Tips Membersihkan Sayuran Hijau, Penting Pisahkan Daun Layu
Ada beberapa tips membersihkan sayuran hijau sebagai langkah menyiapkan makanan segar dan bergizi. Selain itu juga memastikan Anda menghilangkan kotoran. Foto/100 Days of Real Food
A A A
JAKARTA - Ada beberapa tips membersihkan sayuran hijau sebagai langkah penting dalam menyiapkan makanan segar dan bergizi. Selain itu juga memastikan Anda menghilangkan kotoran, pestisida, dan kontaminan secara efektif.

Sayangnya, tidak semua orang tahu tips membersihkan sayuran hijau. Sebab meski terlihat sederhana, mengetahui cara membersihkan sayuran hijau yang benar dapat berdampak signifikan pada keamanan dan rasanya.

Di sisi lain, mulai dari mencuci hingga mengeringkan, bisa menjamin sayuran Anda tidak hanya mempertahankan kandungan nutrisinya, tapi juga berkontribusi pada kenikmatan makanan secara keseluruhan. Berikut tips membersihkan sayuran hijau dilansir dari Times of India, Jumat (14/6/2024).

7 Tips Membersihkan Sayuran Hijau





1. Pisahkan Daunnya


Mulailah dengan memisahkan daun dari batang atau inti. Ini memungkinkan Anda mengakses seluruh permukaan daun dan memastikan pembersihan menyeluruh. Buang daun yang rusak atau layu untuk meningkatkan kualitas sayuran Anda secara keseluruhan.

2. Bilas dengan Air Dingin


Tempatkan daun yang terpisah di bawah air dingin yang mengalir. Biarkan air mengalir melalui setiap daun, secara efektif menghilangkan kotoran dan kontaminan. Gosok perlahan daun dengan jari Anda untuk menghilangkan partikel yang membandel. Hindari menggunakan air panas, karena dapat membuat sayuran layu.

3. Rendam dalam Larutan Cuka


Buat larutan cuka sederhana dengan mencampurkan satu bagian cuka putih dengan tiga bagian air. Rendam daun dalam larutan ini selama beberapa menit. Cuka membantu menghilangkan bakteri dan menghilangkan residu pestisida. Pastikan daun terendam seluruhnya untuk efektivitas optimal.



4. Gunakan Sikat


Untuk sayuran yang kokoh seperti kale atau sawi, pertimbangkan untuk menggunakan sikat. Gosok perlahan permukaan setiap daun di bawah air mengalir, berikan perhatian ekstra pada celah dan tonjolannya. Sikat meningkatkan proses pembersihan, terutama untuk sayuran dengan tekstur lebih tebal.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2061 seconds (0.1#10.140)
pixels