5 Makanan Sehat yang Bisa Merusak Ginjal, Sarden Tinggi Purin

Kamis, 13 Juni 2024 - 18:20 WIB
loading...
5 Makanan Sehat yang Bisa Merusak Ginjal, Sarden Tinggi Purin
Beberapa makanan sehat bisa merusak ginjal jika dikonsumsi berlebihan atau oleh mereka yang mengidap penyakit ginjal. Makanan sehat diasosiasikan lebih bugar. Foto/The Japan Times
A A A
JAKARTA - Ada beberapa makanan sehat yang bisa merusak ginjal jika dikonsumsi berlebihan atau oleh mereka yang mengidap penyakit ginjal. Makanan sehat sendiri sering kali diasosiasikan dengan gaya hidup yang lebih baik dan tubuh yang lebih bugar.

Namun, Anda beberapa makanan yang dianggap sehat ternyata bisa merusak ginjal . Makanan sehat memang penting untuk menjaga tubuh tetap bugar, namun penting juga untuk memperhatikan asupan makanan tertentu yang dapat berisiko bagi kesehatan ginjal.

Mengontrol porsi dan memvariasikan jenis makanan dapat membantu mengurangi risiko kerusakan ginjal sambil tetap menikmati manfaat gizi dari makanan sehat. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau riwayat batu ginjal, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi diet yang sesuai dengan kebutuhan.

5 Makanan Sehat yang Bisa Merusak Ginjal



Berikut daftar makanan sehat yang bisa merusak ginjal dilansir dari Times of India, Kamis (13/6/2024).



1. Bayam


Bayam dikenal sebagai superfood yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Sayuran hijau ini mengandung banyak kalsium oksalat, yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Konsumsi bayam secara berlebihan dapat meningkatkan risiko batu ginjal, terutama bagi mereka yang rentan terhadap kondisi ini.

Bagi orang-orang dengan riwayat batu ginjal, disarankan untuk membatasi asupan bayam dan menggantinya dengan sayuran rendah oksalat seperti brokoli atau kubis.

2. Kacang Almond


Kacang almond adalah sumber lemak sehat, protein, dan serat yang sangat baik. Namun, seperti bayam, kacang almond juga mengandung oksalat dalam jumlah yang cukup tinggi.

Oksalat yang berlebihan dalam tubuh dapat mengendap di ginjal dan membentuk batu ginjal. Bagi mereka yang memiliki risiko batu ginjal, konsumsi kacang almond sebaiknya dibatasi dan diganti dengan jenis kacang lain yang lebih rendah oksalat, seperti kacang mete.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)
pixels