8 Lauk Pauk untuk Penderita Kolesterol, Pilihan Sehat dan Lezat

Sabtu, 15 Juni 2024 - 10:00 WIB
loading...
8 Lauk Pauk untuk Penderita Kolesterol, Pilihan Sehat dan Lezat
Ada banyak lauk pauk untuk penderita kolesterol yang sehat dan lezat. Mengelola kadar kolesterol dalam darah penting untuk menjaga kesehatan jantung. Foto/Istock Photo Kathleen Juanda Teo
A A A
JAKARTA - Ada banyak lauk pauk untuk penderita kolesterol yang sehat dan lezat. Mengelola kadar kolesterol dalam darah adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Salah satu cara efektif untuk mengontrol kolesterol adalah melalui diet yang tepat. Memilih lauk pauk yang tepat adalah langkah penting untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap terkendali.

Selain itu, penting untuk menghindari makanan yang tinggi lemak jenuh dan trans, seperti gorengan, daging merah berlemak, dan produk olahan. Mengombinasikan lauk pauk sehat ini dengan gaya hidup aktif dan pemeriksaan rutin dapat membantu penderita kolesterol menjalani hidup yang lebih sehat dan bugar.

Berikut adalah delapan lauk pauk yang direkomendasikan untuk penderita kolesterol dilansir dari Times of India, Sabtu (15/6/2024).

8 Lauk Pauk untuk Penderita Kolesterol





1. Ikan Salmon


Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan meningkatkan kolesterol baik. Omega-3 juga membantu mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung. Mengonsumsi salmon dua kali seminggu sangat dianjurkan.

2. Kacang Almond


Almond mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, almond juga kaya akan serat, vitamin E, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

3. Tahu dan Tempe


Tahu dan tempe adalah sumber protein nabati yang rendah lemak jenuh. Keduanya mengandung isoflavon yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Tahu dan tempe juga kaya akan serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

4. Bayam


Bayam mengandung lutein, serat, dan kalium yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Konsumsi bayam secara teratur juga dapat menjaga kesehatan arteri dan mencegah penumpukan plak di dinding pembuluh darah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)
pixels