Cara Masak Daging Kurban Agar Empuk dan Hemat Gas, Ini 5 Tipsnya

Sabtu, 15 Juni 2024 - 21:00 WIB
loading...
Cara Masak Daging Kurban Agar Empuk dan Hemat Gas, Ini 5 Tipsnya
Momen Idul Adha identik dengan hidangan lezat berbahan dasar daging kurban. Namun, mengolah daging kurban agar empuk dan hemat gas menjadi tantangan. Foto/YouTube Dapur Ireng Manis
A A A
JAKARTA - Momen Idul Adha identik dengan hidangan lezat berbahan dasar daging kurban . Namun, mengolah daging kurban agar empuk dan hemat gas seringkali menjadi tantangan bagi banyak orang.

Tak perlu khawatir, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memasak daging kurban agar empuk dan hemat gas. Salah satu yang harus diperhatikan adalah gunakan panci besar yang sesuai dengan jumlah daging agar panas merata.

Selain itu, penting juga untuk menghindari menambahkan air saat merebus daging agar teksturnya tidak alot. Gunakan juga bumbu dan rempah-rempah yang sesuai untuk menambah cita rasa daging.

Berikut tips masak daging kurban agar empuk dan hemat gas dilansir dari kanal YouTube Dapur Ireng Manis, Sabtu (15/6/2024).

Cara Masak Daging Kurban Agar Empuk dan Hemat Gas





1. Rebus Air


Pertama adalah merebus air. Pastikan air direbus hingga mendidih sebelum daging dimasukkan. Setelah air mendidih, baru masukan daging dan tutup. Anda bisa merebusnya kurang lebih selama 5 menit. Pastikan panci tertutup rapat saat merebus daging.

2. Jangan Buka Tutup Panci


Kemudian tidak membuka tutup panci. Selama merebus, jangan membuka tutup panci dan membuat uapnya keluar. Bila sering membukanya, hal ini bisa memengaruhi kematangan daging yang tengah direbus dan berdampak pada keempukannya.

3. Diamkan 30 Menit


Setelah matang, pastikan daging tetap di dalam panci selama 30 menit dan tetap dalam keadaan panci tertutup. Cara ini bisa membuat daging masak sempurna sehingga empuk dimakan.

4. Nyalakan Kompor Lagi


Setelah Didiamkan selama 30 menit, segera nyalakan kompor kembali. Rebus lagi daging sampai air mendidih selama 7 menit. Anda tak boleh membuka tutup panci agar daging tetap maksimal proses perebusannya.



5. Diamkan 15 Menit


Setelah rebusan kedua, matikan kompor dan diamkan selama 15 menit. Semakin lama daging didiamkan, akan semakin empuk saat dimakan. Setelahnya, tutup panci bisa dibuka dan daging bisa diolah.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2475 seconds (0.1#10.140)
pixels