Digelar Sebulan Penuh, Pesta Kesenian Bali 2024 Libatkan 13 Ribu Seniman

Minggu, 16 Juni 2024 - 17:07 WIB
loading...
Digelar Sebulan Penuh, Pesta Kesenian Bali 2024 Libatkan 13 Ribu Seniman
Pesta Kesenian Bali 2024 akan berlangsung pada 15 Juni hingga 13 Juli 2024. Ajang ini melibatkan lebih dari 13 ribu seniman yang berasal dari 285 lembaga seni. Foto/SINDOnews
A A A
DENPASAR - Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-46 yang mengusung tema "Jana Kerthi Paramaguna Wikrama" resmi dibuka di depan Monumen Bajra Sandhi Renon, Denpasar, pada Sabtu (15/6/2024). Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono, serta Pj. Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya.

PKB 2024 akan berlangsung pada 15 Juni hingga 13 Juli 2024. Ajang kesenian terbesar di Bali ini melibatkan lebih dari 13 ribu seniman yang berasal dari 285 lembaga seni seperti sanggar, yayasan, dan desa-desa di Bali.

Pesta Kesenian Bali sendiri telah masuk dalam jajaran Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf tahun 2024. PKB 2024 berlangsung di dua lokasi, salah satunya di seputaran Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi.



Seperti tahun-tahun sebelumnya, pembukaan Pesta Kesenian Bali diisi dengan Peed Aya (pawai) yang diawali dengan atraksi gamelan prosesi Adi Merdangga persembahan dan garapan Tari Siwa Nataraja sebagai lambang PKB dari ISI Denpasar. Baru kemudian disusul pawai budaya dari sembilan kabupaten/kota se-Bali.

Pawai ini menggambarkan ragam potensi dan semangat masyarakat Bali dalam mendukung penguatan dan kemajuan budaya Bali.

Setelah acara pembukaan, Pekan Kesenian Bali selanjutnya akan dipusatkan di Taman Werdhi Budaya Bali atau Art Center Kota Denpasar.

Selama sebulan penyelenggaraan, PKB juga akan diisi dengan sejumlah materi pokok meliputi Rekasadana (Pergelaran), Utsawa (Parade), Wimbakara (Lomba), Kandarupa (Pameran), Kriyaloka (Lokakarya), Widyatula (Sarasehan), dan Adi Sewaka Nugraha (Penghargaan Pengabdi Seni).
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)
pixels