Mengenal Budaya India lewat HOLI Festival of Colors

Selasa, 23 April 2019 - 09:08 WIB
Mengenal Budaya India lewat HOLI Festival of Colors
Mengenal Budaya India lewat HOLI Festival of Colors
A A A
JAKARTA - HOLI Festival of Colors merupakan perayaan tahunan di India dan negara-negara penganut agama Hindu lain yang telah berlangsung selama ratusan tahun selalu menarik perhatian.

Festival budaya yang digelar untuk mengawali musim semi ini cukup diminati dan menarik wisatawan mancanegara yang menyambangi Negeri Bollywood itu. Mereka merasakan kemeriahan pesta warna. Dalam Festival Holi, warga India akan bernyanyi, menari, melompat, bermain air dan yang paling menarik adalah saling melempar serbuk warna-warni.

Ini merupakan momentum sukacita untuk berkumpul dengan keluarga, sahabat dan orang-orang terdekat tanpa adanya perbedaan kasta. Masing-masing warna serbuk memiliki arti berbeda yang semuanya berkaitan dengan beragam unsur keagamaan, budaya, dan mitologi.

Warna biru melambangkan perdamaian, cinta dan surga. Kuning melambangkan kemakmuran dan perdagangan. Hijau berkaitan dengan alam, yaitu kesuburan dan kebahagiaan. Merah melambangkan perayaan, kehidupan dan pernikahan.

Di Indonesia, festival ini juga dihadirkan untuk warga dan komunitas India lewat “HOLI Festival of Colors” yang berlangsung di PASARAYA Blok M, akhir Maret 2019 lalu. Namun, tak sedikit pengunjung yang kagum dengan Festival Budaya India ini. Pasalnya ada beberapa kegiatan yang dilakukan, mulai India Fashion Bazaar, India Accessories & Handicraft, kuliner, kosmetik, dan Henna Art Competition dengan tema ‘White Henna Mandala Wedding Design’ yang diikuti lebih dari 60 peserta wanita.

Puncak perayaan HOLI Festival of Colors pun semakin meriah, dimulai dengan serangkaian kompetisi dan aktivitas yang ditujukan untuk anak muda kreatif diadakan seperti Face Painting Competition, Mural Competition, Kids Coloring & Drawing Competition, dan Yoga Healthy Life. Sore hari, pengujung dihibur oleh penampilan Bollywood Dancers, Dhol Performance (alat tabuh India) dan Indian DJ Live Show yang mengiringi HOLI Party (pesta lempar serbuk warna-warni) yang diikuti sekitar 150 anak muda.

"Perayaan ini unik, seru dan meriah penuh warna-warni. Bisa diikuti oleh siapapun tanpa batasan usia. Seperti yang kita ketahui bahwa India memiliki banyak ragam budaya dan tradisi yang amat menarik. Di Indonesia sendiri, warga (keturunan) India cukup banyak dan komunitasnya pun juga tidak sedikit jumlahnya. Ini menjadi potensi dimana acara festival dengan konsep (budaya) India dalam skala besar belum banyak atau (bahkan) nyaris belum pernah ada. Dan PASARAYA The Pride of Indonesia menjadi pusat perbelanjaan yang pertama menggelar HOLI Festival of Colors ini" kata Patricia Veronica, Head of Department – Marketing Communication PASARAYA.

"Dalam festival ini, kami mengajak semua masyarakat bersenang-senang menikmati kemeriahan warna-warni yang penuh makna kehidupan melalui aksi seru saling lempar serbuk warna-warni ke orang yang ada di depannya" tambah Patty.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5452 seconds (0.1#10.140)