10 Ciri-ciri Kolesterol Naik setelah Makan Daging Kurban

Selasa, 18 Juni 2024 - 09:20 WIB
loading...
10 Ciri-ciri Kolesterol Naik setelah Makan Daging Kurban
Ciri-ciri kolesterol naik setelah makan daging kurban penting untuk diketahui. Terlebih, perayaan Iduladha seringkali disertai dengan konsumsi daging banyak. Foto/Istock Photo Reezky Pradata
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri kolesterol naik setelah makan daging kurban penting untuk diketahui untuk mencegah masalah kesehatan serius. Terlebih, perayaan Iduladha seringkali disertai dengan konsumsi daging dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.

Daging merah, terutama dalam jumlah besar, dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol tinggi bisa berdampak buruk pada kesehatan jika tidak diatasi dengan baik.

Dengan kolesterol tinggi, Anda bisa mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah. Akhirnya, endapan ini tumbuh, sehingga menyulitkan aliran darah yang cukup melalui arteri. Terkadang, endapan tersebut bisa pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Berikut adalah 10 ciri-ciri yang perlu diwaspadai sebagai tanda bahwa kolesterol Anda naik setelah makan daging kurban dilansir dari Mayo Clinic, Selasa (18/6/2024).

10 Ciri-ciri Kolesterol Naik setelah Makan Daging Kurban





1. Nyeri Dada (Angina)


Salah satu tanda yang paling umum dari kolesterol tinggi adalah nyeri dada atau angina. Nyeri ini terjadi karena penumpukan plak kolesterol di arteri koroner, yang mengurangi aliran darah ke jantung. Nyeri dada biasanya terjadi saat aktivitas fisik dan mereda saat beristirahat.

2. Kelelahan dan Sesak Napas


Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyumbatan arteri, yang mengurangi aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya, Anda merasa lelah dan sesak napas, terutama setelah aktivitas fisik ringan hingga sedang.

3. Sakit Kepala dan Pusing


Kenaikan kolesterol dapat menyebabkan penyempitan arteri yang mengalirkan darah ke otak, yang bisa mengakibatkan sakit kepala dan pusing. Jika Anda mengalami sakit kepala yang tidak biasa setelah makan banyak daging, ini bisa menjadi tanda peningkatan kolesterol.

4. Kulit Menguning (Xanthomas)


Xanthomas adalah deposit kolesterol yang muncul sebagai benjolan kuning di bawah kulit, biasanya di sekitar mata, siku, lutut, atau pantat. Kondisi ini adalah tanda yang jelas dari kolesterol tinggi dalam tubuh.

5. Nyeri di Tungkai atau Kaki


Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyempitan arteri di tungkai atau kaki, yang disebut penyakit arteri perifer. Gejalanya termasuk nyeri atau kram di kaki saat berjalan atau naik tangga, yang hilang setelah beberapa menit istirahat.



6. Perubahan Warna Kulit


Arteri yang tersumbat karena kolesterol tinggi dapat mengurangi aliran darah ke kulit, menyebabkan perubahan warna kulit menjadi lebih pucat atau kebiruan, terutama di ekstremitas seperti jari tangan dan kaki.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3862 seconds (0.1#10.140)
pixels