4 Tips Makan Daging Tanpa Khawatir Kolesterol Naik

Senin, 17 Juni 2024 - 19:38 WIB
loading...
4 Tips Makan Daging Tanpa Khawatir Kolesterol Naik
Meski menu daging melimpah, Anda perlu hati-hati saat mengonsumsinya di momen Iduladha ini. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Perayaan Iduladha menjadi momentum untuk mengonsumsi aneka hidangan daging sapi dan kambing bersama keluarga. Beragam menu seperti sate hingga sop siap dihidangkan di meja makan.

Meski menu daging melimpah, Anda perlu hati-hati saat mengonsumsinya di momen Iduladha ini. Bila kalap, risiko kesehatan bisa muncul karena kolesterol naik saat mengonsumsi daging yang tidak terkontrol.

Tapi tak perlu khawatir, ada cara sehat agar Anda tetap bisa menikmati olahan daging di momen Iduladha ini sekaligus mengurangi risiko terkena kolesterol tinggi.



Berikut tips sehat makan daging saat perayaan Iduladha, melansir berbagai sumber, Senin (17/6/2024).

1. Pilih Masakan Daging yang Rendah Lemak

Cara pertama ialah memilih olahan atau menu masakan daging yang rendah lemak. Biasanya, daging memang terasa lezat bila dimasak dengan santan atau bumbu-bumbu lainnya. Agar lebih sehat, pilihlah menu daging yang dipanggang atau bakar. Usahakan untuk memasak daging tanpa harus menambahkan mentega, minyak, ataupun banyak garam.

2. Tambahkan Sayuran

Saat memgonsumsi daging, Anda bisa menambahkan menu sayuran segar sebagai makanan pendamping. Sayur atau kacang-kacangan bisa menjadi sumber vitamin dan mineral dan cocok disantap bersama olahan daging.

Anda bisa mengolah brokoli, kacang polong, dan sayuran lainnya sebagai pendamping makan daging. Selain menambah manfaat, sayur-sayuran ini juga memberi kesan segar pada menu daging Anda.


3. Tidak Kalap saat Makan

Olahan daging memang sedap dan lezat. Apalagi bila daging sapi ataupun kambing dimasak dengan bumbu yang kaya rempah. Meski terasa nikmat, pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Batasi asupan daging Anda agar tidak terlalu banyak saat momen Iduladha ini. Anda bisa mengalihkannya dengan makan buah agar tak kalap saat memgonsumsi olahan daging.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih setelah makan olahan daging sangat dianjurkan. Melansir Windom Area Health, memperbanyak minum air putih akan membantu menurunkan penyakit jantung dan memastikan darah tetap bergerak. Air putih juga bisa membersihkan serta menghilangkan penumpukan limbah kolesterol dari dalam tubuh.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6535 seconds (0.1#10.140)
pixels