Manfaat Sarapan Sebelum Olahraga

Rabu, 24 April 2019 - 09:10 WIB
Manfaat Sarapan Sebelum Olahraga
Manfaat Sarapan Sebelum Olahraga
A A A
SARAPAN sebelum olahraga sangat penting. Penelitian American Journal of Physiology pernah menegaskan hal ini seperti dilansir laman Runners World.

Para peneliti dari Departemen Kesehatan Universitas Bath pada jurnal tersebut mempelajari bagaimana makan sebelum latihan berdampak pada kinerja Anda.

Studi tersebut coba membagi subjek mereka menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok pertama sarapan bubur yang dibuat dengan susu, lalu bersepeda selama 60 menit dua jam sesudahnya; kelompok kedua makan sarapan yang sama, tetapi beristirahat selama tiga jam tanpa berolahraga; dan terakhir yang berolahraga tanpa sarapan.

Dengan menguji kadar glukosa darah setiap kelompok setelah mereka berolahraga atau beristirahat, para peneliti menemukan bahwa sarapan mampu meningkatkan pembakaran karbohidrat dan mencerna metabolisme makanan setelah olahraga.

“Karbohidrat yang terbakar dapat meningkatkan kinerja ketahanan Anda,” kata penulis penelitian Javier Gonzalez PhD. Karbohidrat adalah bahan bakar yang relatif cepat, karena energi dapat dihasilkan dua kali lebih cepat daripada ketika lemak digunakan sebagai bahan bakar. Jika tidak sarapan, tubuh Anda membakar lemak sebagai bahan bakar pengganti karbohidrat.

Tetapi ketika ini terjadi, dibutuhkan energi dua kali lipat, yang memperlambat kinerja Anda, menurut Gonzalez. Cara lain karbohidrat membantu Anda memasok energi karena mereka adalah bahan bakar yang efisien oksigen.

Artinya, membakar karbohidrat membutuhkan oksigen 10% lebih sedikit daripada membakar lemak. Sarapan sebelum beraktivitas juga tidak kalah penting sebelum olahraga. “Sarapan pagi dapat membantu konsentrasi yang menguntungkan Anda di tempat kerja atau aktivitas lainnya,” kata Gonzalez. (Iman Firmansyah)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7254 seconds (0.1#10.140)