alexametrics

Tips Alami Mengatasi Susah Tidur Malam

loading...
Tips Alami Mengatasi Susah Tidur Malam
Tidak sedikit orang yang susah tidur malam. Tentu saja efeknya pada kesehatan. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Jika Anda bangun setiap hari dengan perasaan seperti belum tidur selama seribu tahun, yakinlah Anda tidak sendirian. Namun, harus diketahui, susah tidur bisa berakibat buruk pada kesehatan.

Beberapa masalah dari kurang tidur malam, yakni gangguan proses kognitif, seperti kurangnya perhatian dan konsentrasi yang terpencar di tempat kerja. Tidur yang buruk bisa juga melukai kemampuan otak Anda untuk memproses pikiran dan membuat Anda dalam kondisi pikiran yang berkabut selama sisa hari itu.

Jika Anda ingin tidur seperti bayi dan bangun dengan perasaan segar, sebaiknya makan pistachio sebelum tidur. Kacang ini adalah sumber magnesium dan vitamin B6 yang sangat baik dan kedua bahan kimia tersebut diketahui membantu proses tidur.



Meskipun sudah ada banyak suplemen melatonin yang tersedia di pasaran, selalu lebih baik untuk tetap menggunakan varian alami daripada suplemen. (Baca juga: Manfaat Sarapan Sebelum Olahraga).

Jadi, jika Anda telah membolak-balikkan di tempat tidur sepanjang malam, memiliki segenggam pistachio (tidak lebih dari 28 gram) mungkin bisa membantu. Ini karena pistachio menjadi sumber vitamin B6 yang sangat baik yang membantu produksi serotonin di otak.

Ketika Anda berjuang melawan sulit tidur, sangat penting untuk memantau paparan sinar biru pada malam hari karena itu menipu otak untuk berpikir bahwa hari telah membentang lebih lama. Paparan cahaya yang dipancarkan oleh berbagai layar perangkat elektronik, memainkan peran besar dalam membuang jam biologis tubuh (ritme sirkadian) dari kehancuran dan mengganggu proses tidur alami otak kita.

Kedua, cahaya juga dapat menghambat sekresi melatonin di otak, bahan kimia yang merupakan hormon tidur utama. Oleh karena itu, penting bahwa Anda memasang filter cahaya biru dan menjauhi perangkat elektronik, setidaknya dua jam sebelum tidur.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak