10 Tips Makeup untuk yang Matanya Selalu Berair

Selasa, 02 Juli 2024 - 05:50 WIB
loading...
10 Tips Makeup untuk yang Matanya Selalu Berair
Bagi Anda yang memiliki mata selalu berair, menjaga makeup terutama di bagian mata agar tetap rapi bisa menjadi tantangan tersendiri. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Bagi Anda yang memiliki mata selalu berair, menjaga makeup terutama di bagian mata agar tetap rapi bisa menjadi tantangan tersendiri. Bagi banyak orang, mata adalah bagian penting saat makeup.

Mata yang kering adalah salah satu penyebab utama mata berair selain alergi, infeksi kornea, kebiasaan berkedip yang buruk, lensa kontak, dan karena beberapa obat tertentu. Mata yang selalu berair bisa membuat makeup mudah luntur, mengurangi rasa percaya diri, dan memerlukan perbaikan berkali-kali sepanjang hari.

Berikut tips makeup yang bisa membantu Anda tetap tampil cantik meskipun mata sering berair.


1. Gunakan Tetes Mata Sebelum Makeup

Jika mata Anda terasa kering atau teriritasi sebelum mulai merias wajah, kemungkinan besar kondisi ini akan semakin buruk saat aplikasi makeup dan hampir pasti menyebabkan mata berair.

Untuk mengurangi kerusakan atau mata berair, gunakan tetes mata sebelum mengaplikasikan makeup untuk mengurangi ketidaknyamanan dan membersihkan iritan potensial. Tunggu beberapa menit hingga tetes mata bekerja sebelum melanjutkan ke tahap makeup.

2. Mulai Makeup dari Mata

Mulailah makeup dengan merias mata terlebih dahulu. Dengan cara ini, jika (dan ketika) mata mulai berair, mereka tidak akan merusak riasan dasar lainnya.

3. Gunakan Prime dan Persiapkan Mata dengan Baik

Persiapan yang tepat sangat penting untuk meminimalkan kerusakan akibat mata berair. Air mata memiliki kandungan garam yang bisa mengeringkan area bawah mata. Hal ini dapat diantisipasi dengan krim pelembab bawah mata untuk membantu melembabkan area tersebut dan memperpanjang ketahanan makeup.

Untuk kelopak mata, poleslah primer agar membuat dasar makeup sehingga lebih tahan air. Lalu, aplikasikan concealer pada kelopak mata.

4. Gunakan Vaseline

Jika mata Anda berair selama proses aplikasi makeup mata, gunakan kapas yang dibentuk lancip untuk mengoleskan sedikit Vaseline di dekat area yang berair.

Dengan mengaplikasikan Vaseline (atau produk berbasis petroleum lainnya) sedekat mungkin dengan mata, ini akan menciptakan penghalang fisik yang mencegah air mata menetes ke wajah dan merusak makeup.

5. Pilih Produk Makeup Hipoalergenik

Mata berair bisa disebabkan oleh reaksi alergi terhadap bahan tertentu dalam produk makeup sehingga disebabkan oleh pewarna atau wewangian tertentu yang bisa sangat mengiritasi mata sensitif. Untuk mengatasi kemungkinan ini, pilihlah produk makeup mata hipoalergenik.

6. Hindari Aplikasi Waterline pada Area Bulu Mata Bawah

Meskipun memberi garis pada waterline adalah cara yang bagus untuk menambahkan kedalaman dan intensitas pada makeup, sayang ini tidak bagus untuk mata berair.

Waterline adalah tempat kelenjar minyak yang berfungsi mengatur pelumasan mata. Mengaplikasikan makeup di area ini dapat menyumbat kelenjar tersebut, membuat mata lebih kering dan lebih mungkin berair. Selain itu, hindari makeup di sepanjang garis bulu mata bawah, karena mata berair dapat menyebabkan smudge di area tersebut.

7. Selalu Sedia Tisu

Meskipun terdengar intuitif, ingatlah untuk selalu sedia tisu saat mengaplikasikan makeup. Dengan begitu, saat air mata keluar, Anda siap untuk mengatasinya dan menjaga makeup tetap utuh.

8. Hindari Bedak di Bawah Mata

Air mata yang asin dapat mengeringkan area bawah mata, dan bedak hanya akan memperparah keadaan. Bedak tidak hanya akan menonjolkan garis halus dan kerutan, tetapi juga bisa menyerap air mata yang mengalir di wajah, menciptakan jejak air mata di makeup Anda. Sebagai ganti, gunakan setting spray di bawah mata. Dengan begitu, air mata akan tetap berada di atas makeup daripada diserap.

9. Pilih Lem Bulu Mata yang Bebas Bahan Lateks

Jika memakai bulu mata palsu adalah bagian penting dari rutinitas makeup Anda, pertimbangkan untuk menggunakan lem bulu mata yang menggunakan bahan yang terbebas dari lateks. Lateks bisa sangat mengiritasi dekat mata, bahkan tanpa adanya alergi atau sensitivitas mata. Dengan menghindari bahan ini sama sekali, Anda bisa membantu meminimalkan mata berair.

10. Bersihkan Makeup secara Total di Malam Hari

Cara terbaik untuk meminimalkan kerusakan makeup akibat mata berair adalah dengan meminimalkan kemungkinan mata berair secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk benar-benar membersihkan semua makeup di area mata pada malam hari dengan membersihkan dasar bulu mata dan kelopak mata setiap malam,

Anda bisa mencegah penyumbatan kelenjar atau mata menjadi kering dan teriritasi. Cobalah menggunakan pembersih makeup mata khusus pada kapas, karena sulit untuk mencapai lipatan mata hanya dengan sabun dan air saja. MG/Muflihati Chairunnisa
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)
pixels