alexametrics

Banyak Manfaat, Kacang Hijau Sangat Pas buat Takjil Buka Puasa

loading...
Banyak Manfaat, Kacang Hijau Sangat Pas buat Takjil Buka Puasa
Ilustrasi kacang hijau. / Foto: Seeds Now
A+ A-
JAKARTA - Bubur kacang hijau kerap dipilih sebagai takjil berbuka puasa di bulan Ramadhan. Biasanya bubur kacang hijau disajikan hangat bersama gula merah dan santan hingga menawarkan rasa manis serta gurih yang membuat bubur kacang hijau terasa nikmat disantap saat berbuka puasa. Bahkan tak hanya nikmat, bubur kacang hijau juga kaya akan manfaat kesehatan, di antaranya melancarkan pencernaan.

Kacang hijau memiliki kandungan serat makanan dan pati yang dapat membantu memperlancar pencernaan serta membantu memberi nutrisi bagi bakteri baik yang terdapat dalam saluran cerna. Penting untuk memiliki sistem pencernaan yang lancar saat berpuasa, terutama karena adanya perbedaan pada jam makan.

Kacang hijau juga dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Terdapat kandungan antioksidan serta nutrisi bersifat anti radang pada kacang hijau. Kedua kandungan ini membantu menurunkan tekanan darah dan bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu, antioksidan pada kacang hijau juga dapat mengurangi kolesterol LDL yang meningkatkan kemungkinan penyakit jantung. Manfaat lain dari kacang hijau adalah membantu menjaga berat badan.



Kandungan serat dan protein yang terdapat dalam kacang hijau dapat membantu membuat merasa kenyang lebih cepat dan lebih lama. Dengan begitu, Anda bisa mengontrol nafsu makan dan tidak mengonsumsi makanan berlebih terutama saat berbuka puasa. Terakhir, kacang hijau dapat membantu mencegah pitam panas atau heatstroke.

Bagi Anda yang tinggal di daerah dengan udara tropis dan panas seperti Indonesia, sangat baik jika mengkonsumsi kacang hijau karena kandungan antioksidan vitexin dan isovitexin dapat melindungi sel-sel di tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang terbentuk saat pitam panas.

Manfaat-manfaat tersebut menginspirasi Joyday menghadirkan kenikmatan bubur kacang hijau dalam bentuk es krim, Joyday Mung Bean. Varian es krim baru ini hadir dengan kandungan susu dan sari kacang hijau. Rasanya yang dingin dan menyegarkan dapat membantu meningkatkan mood dan membantu merasa lebih segar sehingga pas untuk berbuka puasa.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak