Posisi Tempat Duduk Paling Aman saat Terjadi Turbulensi Pesawat

Jum'at, 05 Juli 2024 - 19:45 WIB
loading...
Posisi Tempat Duduk Paling Aman saat Terjadi Turbulensi Pesawat
Kasus turbulensi belakangan cukup banyak terjadi di dunia penerbangan. Hal ini tak jarang membuat masyarakat jadi kembali fobia naik pesawat. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Kasus turbulensi belakangan cukup banyak terjadi di dunia penerbangan. Hal ini tak jarang membuat masyarakat jadi kembali fobia naik pesawat.

Bahkan social media belakangan ini diramaikan dengan cerita para penumpang pesawat saat mereka mengalami pengalaman horor manakala turbulensi pesawat terjadi. Salah satu yang menjadi sorotan adalah posisi kursi masing-masing penumpang yang disebut-sebut mempengaruhi tingkat keparahan risiko turbulensi.

Lantas, benarkah demikian? Berikut ulasannya, melansir dari keterangan para ahli dari laman CNA.



Para ahli menyebut, tempat duduk penumpang memang dapat mempengaruhi bagaimana mereka merasakan turbulensi di pesawat. Menurut mereka, dampak turbulensi tidak terlalu terasa di bagian tengah alias dekat sayap pesawat.

Daniel, panel ahli Asosiasi Industri Dirgantara (Singapura), menjelaskan bahwa posisi kursi-kursi di bagian tengah menurutnya merupakan pusat gravitasi pesawat. Sehingga, para penumpang yang duduk di bagian tersebut tidak terlalu rentan merasakan dampak turbulensi atau saat pesawat berputar dan menukik.

Pendapat itu diamini oleh redaktur pelaksana situs berita penerbangan Asia FlightGlobal, Greg Waldron.

“Bagian tengah pesawat, dekat sayap, tidak terlalu bergejolak,” kata Greg.

“Tetapi pemilihan kursi seharusnya tidak berdampak terlalu besar,” katanya lagi.

Pakar penerbangan di Universitas Sydney, Profesor Rico Merkert, juga sepakat bahwa turbulensi tidak terlalu terasa di bagian tengah pesawat, terutama di bagian sayap.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3548 seconds (0.1#10.140)
pixels