6 Penyebab Kebotakan pada Pria dan Cara Mengatasinya

Selasa, 09 Juli 2024 - 00:05 WIB
loading...
6 Penyebab Kebotakan...
Penyebab kebotakan pada pria bisa dipicu karena beberapa hal. Kondisi yang dikenal sebagai alopesia androgenetika ini adalah bentuk umum dari kebotakan. Foto/CNN
A A A
JAKARTA - Penyebab kebotakan pada pria bisa dipicu karena beberapa hal. Kondisi yang dikenal sebagai alopesia androgenetika ini adalah bentuk umum dari kebotakan yang umumnya dipengaruhi oleh faktor genetika dan hormon.

Beberapa penyebab utama kebotakan pada pria melibatkan kombinasi faktor genetika, hormon, dan usia. Sementara itu, rambut dianggap sebagai salah satu aspek yang paling menentukan penampilan manusia, oleh karena itu disebut juga mahkota.

Namun saat ini kebanyakan orang, terutama anak muda, mengalami rambut rontok atau penipisan. Pada pria, penyakit ini muncul pada berbagai area kulit kepala, mulai dari frontal, temporal, pertengahan kulit kepala atau vertex.

Berikut penyebab kebotakan pada pria dan cara mengatasinya dilansir dari Times of India, Selasa (9/7/2024).

6 Penyebab Kebotakan pada Pria dan Cara Mengatasinya





1. Faktor Genetika


Kebotakan pada pria seringkali dipengaruhi oleh faktor genetika atau pewarisan gen dari orang tua. Jika ada riwayat kebotakan pada keluarga, kemungkinan besar seseorang akan mengalami kebotakan.

2. Hormon Dihidrotestosteron (DHT)


Hormon DHT yang dihasilkan dari testosteron dapat menyebabkan melemahnya folikel rambut pada individu yang rentan genetik, yang akhirnya menyebabkan kebotakan.

3. Penuaan


Kebotakan pada pria umumnya berkembang seiring bertambahnya usia. Proses penuaan dapat menyebabkan penurunan produksi hormon pertumbuhan rambut dan merangsang produksi DHT.

4. Stres dan Kesehatan Umum


Faktor-faktor seperti stres yang berlebihan, kebiasaan merokok, dan kondisi kesehatan umum tertentu dapat mempercepat proses kebotakan.

5. Pola Makan yang Salah


Memiliki pola makan seimbang yang tepat akan meningkatkan ketebalan rambut, menjadikannya sehat dan juga mencegah kebotakan.

6. Penggunaan Produk Perawatan Rambut yang Salah


Alat dan perangkat penata rambut tidak begitu baik untuk kesehatan rambut. Meskipun digunakan untuk sementara, tetapi setiap saat digunakan dapat merusak tekstur rambut.



Cara Mengatasi Kebotakan Rambut para Pria


1. Obat-obatan


Ada beberapa obat yang telah terbukti membantu mengatasi kebotakan pada pria, termasuk minoxidil dan finasteride. Minoxidil biasanya diaplikasikan langsung ke kulit kepala, sedangkan finasteride bekerja dengan menghambat produksi DHT.

2. Terapi Laser


Terapi laser dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan memperkuat folikel rambut. Mesin laser dijual secara komersial untuk digunakan di rumah atau dapat ditemukan di klinik-klinik kesehatan kulit.

3. Transplantasi Rambut


Prosedur transplantasi rambut dapat menjadi solusi permanen untuk kebotakan. Ini melibatkan pengambilan folikel rambut dari area yang tahan terhadap kebotakan dan menanamkannya ke area yang kebotakan.

4. Perubahan Gaya Hidup


Mengelola stres, menjaga pola makan sehat, dan menghindari kebiasaan merokok dapat membantu memperlambat proses kebotakan.

5. Perawatan Topikal dan Sampo


Beberapa produk topikal, seperti sampo yang mengandung ketoconazole atau minoxidil, dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut.

6. Pilihan Mode atau Gaya Rambut


Memilih gaya rambut yang sesuai dapat membantu menyamarkan kebotakan atau membuatnya kurang terlihat.

(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3761 seconds (0.1#10.140)