6 Tanda Overwork yang Tidak Boleh Diabaikan, saatnya Rehat dan Liburan

Jum'at, 12 Juli 2024 - 23:55 WIB
loading...
6 Tanda Overwork yang...
Pekerjaan yang menumpuk dan tekanan deadline sering membuat seseorang terjebak dalam rutinitas kerja tanpa henti. Namun, waspadalah terhadap tanda overwork. Foto/Forbes
A A A
JAKARTA - Pekerjaan yang menumpuk dan tekanan deadline sering kali membuat seseorang terjebak dalam rutinitas kerja tanpa henti. Namun, waspadalah terhadap tanda-tanda overwork yang bisa membahayakan kesehatan fisik dan mental.

Jika Anda merasa selalu lelah, sulit tidur, atau kehilangan semangat untuk bekerja, itu bisa menjadi sinyal bahwa tubuh dan pikiran butuh istirahat. Pertimbangkan untuk mengambil cuti guna memulihkan diri dan kembali bekerja dengan energi baru.

Berikut adalah tanda overwork atau kelebihan beban kerja yang tidak boleh diabaikan seperti dilansir dari Web MD, Jumat (12/7/2024).

6 Tanda Overwork yang Tidak Boleh Diabaikan





1. Peningkatan Stres


Beban kerja yang berlebih pada pegawai bisa ditandai dengan meningkatnya stres dan kejenuhan. Beban kerja yang berlebih sering kali menjadi penyebab munculnya stres pada pegawai.

Karenanya, ketika pegawai banyak yang mengalami stres secara bersamaan, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh tingginya beban kerja dalam tugas yang ditangani.

2. Penurunan Produktivitas


Penurunan produktivitas menjadi tanda yang sangat terlihat ketika pegawai kelebihan beban kerja. Adanya beban kerja yang berlebih membuat pegawai cenderung kurang produktif atau mengalami penurunan produktivitas.

Mereka biasanya kesulitan dalam mengerjakan tugas karena banyaknya tanggung jawab yang ia pikul. Sangat dimungkinkan mereka tidak akan tuntas dalam menangani pekerjaan atau banyaknya kesalahan dalam bekerja.

3. Peningkatan Keluhan Kesehatan


Peningkatan keluhan kesehatan pada pegawai disebabkan oleh banyak faktor. Di antaranya gaya hidup pegawai secara pribadi, pola makan atau adanya riwayat penyakit yang diderita. Namun banyak gangguan kesehatan yang diderita pegawai karena kelebihan beban kerja.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)