Sepatu KW Bisa Berbahaya untuk Olahraga, Awas Cedera

Selasa, 16 Juli 2024 - 16:20 WIB
loading...
Sepatu KW Bisa Berbahaya...
Bagi pecinta olahraga, memilih sepatu yang tepat merupakan hal yang penting. Sepatu yang nyaman dan sesuai dengan jenis olahraganya dapat mencegah cedera. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Bagi pecinta olahraga, memilih sepatu yang tepat merupakan hal yang penting. Sepatu yang nyaman dan sesuai dengan jenis olahraganya dapat membantu mencegah cedera dan meningkatkan performa.

Penggunaan sepatu KW saat berolahraga dilaporkan bisa membahayakan kesehatan. Dokter Tirta, seorang dokter sekaligus influencer kesehatan, mengungkapkan bahaya penggunaan sepatu KW saat berolahraga .

Pernyataan Dokter Tirta ini menyusul dengan viralnya unggahan pemilik akun X @la_lijah yang membagikan kisah tentang sepupunya mengalami cedera kaki saat berolahraga. Insiden itu terjadi akibat korban mengenakan sepatu KW untuk berolahraga.

Urat kaki sepupu pemilik akun X tersebut pecah diduga terpeleset di lapangan imbas menggunakan sepatu olahraga KW.



"Sepatu KW bisa mirip bentuk, tapi tidak bisa meniru teknologi secara detail. Carilah sepatu olahraga original yang sesuai budgetmu,” tulis dokter Tirta dikutip dari akun X pribadinya, @tirta_cipeng, Selasa (16/7/2024).

Dokter Tirta menjelaskan, sepatu KW umumnya dibuat dengan bahan dan konstruksi yang tidak berkualitas. Sehingga tidak dapat memberikan dukungan dan perlindungan yang memadai bagi kaki hingga berisiko cedera.

"Menggunakan sepatu yang salah untuk olahraga itu meningkatkan risiko cedera: plantar fasciitis, bunion, cedera tendon achiles, shin splints hingga cedera lutut," jelasnya.

Selain kualitas sepatu yang harus diperhatikan, fungsi dari setiap sepatu olahraga juga perlu dipikirkan. Misalnya, bila ingin bermain tennis, pastikan menggunakan sepatu yang sesuai, bukan sepatu olahraga lain.



Ia mengatakan setiap sepatu olahraga memiliki fungsi yang berbeda-beda sehingga perlu diperhatikan.

“Pilih sepatu yang sesuai bentuk kakimu. Bukan asal. Jika bingung, memang disarankan fitting, sehingga kamu tahu bentuk kakimu seperti apa. Untuk menghindari cedera akibat salahnya pemilihan sepatu," tandasnya.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)