Apa Itu Meningitis, Penyakit yang Kini Pemberian Vaksinnya Wajib untuk Jemaah Umrah dan Haji

Jum'at, 19 Juli 2024 - 05:50 WIB
loading...
Apa Itu Meningitis,...
Vaksin meningitis kini diwajibkan bagi para jemaah umrah dan haji yang akan melalukan ibadah di Tanah Suci Mekkah. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Vaksin meningitis kini diwajibkan bagi para jemaah umrah dan haji yang akan melalukan ibadah di Tanah Suci Mekkah.

Peraturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/A/3717/2024 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Meningitis Bagi Jamaah Haji dan Umrah. Surat edaran yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Kemenkes RI Kunta Wibawa Dasa Nugraha tertanggal 11 Juli 2024 ini mengubah ketetapan syarat vaksinasi meningitis bagi jemaah umrah, yang sebelumnya atau pada 2022, ‘direkomendasikan’ sekarang menjadi ‘kewajiban’.

Lantas, apa itu penyakit meningitis yang vaksinnya kini menjadi hal yang wajib bagi jemaah umrah dan haji? Berikut ulasannya, melansir laman Kementerian Kesehatan RI, Jumat (19/7/2024).



Meningitis meningokokus adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Neisseria meningitidis. Bakteri tersebut menginfeksi selaput otak dan sumsum tulang belakang serta menyebabkan pembengkakan.

Gejala meningitis dapat muncul pertama kali seperti penyakit flu dan dapat memburuk dengan cepat. Gejala yang paling umum di antaranya demam, sakit kepala, dan kaku kuduk. Selain itu, sering kali ditambah dengan beberapa gejala lain seperti mual, muntah, fotofobia (mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya), dan gangguan neurologis seperti letargi, delirium, koma, serta dapat disertai kejang.

Penyakit meningitis meningokokus telah terekam melalui wabah pertama di daerah Afrika pada tahun 1840-an. Adapun pada 1887, seorang bakteriologis Austria (Anton Vaykselbaum) baru berhasil mengidentifikasi bakteri meningokokus sebagai salah satu penyebab meningitis.

Sebenarnya, ada perbedaan antara meningitis dengan meningitis meningokokus. Meningitis dapat diartikan sebagai peradangan membran meninges (selaput otak), sedangkan meningitis meningokokus merupakan salah satu bentuk meningitis yang disebabkan oleh bakteri Neisseria meningitidis.

Penyakit meningitis meningokokus telah tersebar di seluruh dunia dengan kejadian tertinggi ditemukan di sub-Sahara Afrika atau wilayah yang disebut “The Meningitis Belt atau Sabuk Meningitis”. Mulai dari Senegal di sebelah barat sampai ke Ethiopia di sebelah timur yang meliputi 26 negara.

Di wilayah itu epidemi besar terjadi tiap 5 hingga 12 tahun dengan tingkat kejadian hingga 1.000 kasus per 100.000 penduduk. Di wilayah lain tingkat kejadian penyakit lebih rendah dan wabah hanya sesekali.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)