Maksimalkan Fitur Live Shopping, 60 Persen Total Pendapatan Awal Tahun HijabChic Berasal dari Shopee Live

Jum'at, 19 Juli 2024 - 06:06 WIB
loading...
Maksimalkan Fitur Live...
Founder and CEO HijabChic Nisa Pratiwi. (Foto: istimewa)
A A A
JAKARTA - Era sekarang ini, produk fashion muslim telah menyediakan berbagai model dan gaya sesuai minat dan kebutuhan penggunanya. Hal tersebut dikarenakan industri fashion yang terus berkembang sangat pesat.

Melihat peluang dan permintaan yang terus meningkat setiap tahunnya, Nisa Pratiwi memanfaatkannya untuk membangun bisnis brand lokalnya, HijabChic pada 2011. Berawal dari bisnis rumahan dengan visi untuk menemani perjalanan hijrah setiap perempuan Indonesia, HijabChic mempunyai misi untuk menyediakan koleksi fashion muslim yang berkualitas dan selalu update dengan tren. Dalam perjalanannya, HijabChic memperluas jangkauannya dengan bergabung bersama Shopee serta berupaya membuka peluang lebih besar dengan memanfaatkan fitur Shopee Live dan Shopee Video.

Founder and CEO HijabChic Nisa Pratiwi mengatakan, desain dari koleksi yang diproduksi oleh HijabChic selalu mempertimbangkan kebutuhan konsumen.

”Produk yang dihadirkan oleh HijabChic selalu di desain dengan mempertimbangkan kebutuhan konsumen kami yang ingin tampil modis namun tetap nyaman. Saat membangun brand lokal ini, kami menjual produk secara online melalui media sosial. Namun, seiring dengan meningkatnya permintaan dan popularitas, HijabChic mulai mengatur strategi dengan memanfaatkan platform Shopee di tahun 2018," tuturnya.

Nisa menambahkan, langkah tersebut berhasil membuka peluang lebih besar untuk menjangkau pelanggan di seluruh Indonesia.

"Langkah ini membuka peluang lebih besar untuk menjangkau pelanggan kita di seluruh Indonesia. Bersama Shopee kami berhasil meningkatkan penjualan yang signifikan, khususnya saat menggunakan fitur Shopee Live. Kontribusi Shopee Live sangat besar bagi keseluruhan pendapatan HijabChic, dimana hingga 60 persen total pendapatan di semester I tahun 2024 berasal dari penjualan di Shopee Live,” ujarnya.

Desain Terkini dan Kualitas Tinggi jadi Kunci HijabChic Hadirkan Pilihan Koleksi Produk

Maksimalkan Fitur Live Shopping, 60 Persen Total Pendapatan Awal Tahun HijabChic Berasal dari Shopee Live

Koleksi HijabChic. (Foto: Istimewa)

Fokus produk HijabChic adalah daily wear dengan design yang selalu up-to-date, bahan kain yang berkualitas, special twist di setiap koleksinya, dan timeless. HijabChic berusaha untuk menjaga konsep dan prinsip bisnis yang kuat sebagai brand lokal, serta selalu bisa merespon kebutuhan pasar yang membutuhkan produk fashion untuk dipakai setiap hari maupun untuk special occasions tertentu, seperti wedding, formal gathering, dan acara formal lainnya.

Seiring berjalannya waktu, HijabChic terus mengembangkan produknya dengan menambahkan beragam koleksi daily outfit, special outfit, dan hijab. Jenis produk yang telah diluncurkan seperti tops, tunics, innerwear, dress, rok, pants, scarf, outer, aksesoris. Inspirasi setiap koleksi diambil dari berbagai tren fashion global dan lokal, serta kebutuhan dan preferensi pelanggan. Setiap koleksi selalu mengedepankan nilai-nilai modesty dan kenyamanan, harapannya agar selalu bisa diterima dengan baik oleh perempuan Muslim di Indonesia.

Dalam proses produksi, HijabChic sangat memperhatikan proses produksi dengan teliti dan terstruktur, mulai dari pemilihan benang, produksi bahan, hingga pembuatan produk-produk berkualitas tinggi yang siap diluncurkan. Proses produksi yang kami lakukan ada beberapa tahap, seperti pemilihan benang dan warna, analisis tren, desain, prototyping dan sampling, produksi massal, hingga peluncuran koleksi baru.

Semua proses produksi dilakukan secara lokal dengan harapan dapat menciptakan lapangan pekerjaan tambahan bagi masyarakat sekitar, memperkuat industri fashion lokal, dan meningkatkan perekonomian Indonesia.

Maksimalkan Fitur Live Shopping, 60 Persen Total Pendapatan Awal Tahun HijabChic Berasal dari Shopee Live

Proses produksi HijabChic. (Foto: istimewa)

Perjalanan HijabChic Tumbuh dan Berkembang bersama Shopee

HijabChic mulai bergabung dengan Shopee pada 2018 sebagai upaya untuk beradaptasi terhadap kemajuan teknologi dan perubahan perilaku konsumen. Selain itu, HijabChic juga ingin memberikan akses mudah dan cepat kepada pelanggan di seluruh Indonesia. Sejak awal hingga bergabung dengan Shopee, HijabChic telah mengadopsi berbagai strategi untuk memaksimalkan penjualan online, yaitu optimasi SEO, pemasaran melalui media sosial, penggunaan konten dan dekorasi toko yang menarik (landing page, banner, dan logo), analisis dan optimalisasi, program afiliasi, hingga penawaran diskon menarik.

Memanfaatkan media sosial dan fitur Shopee seperti Shopee Live, Shopee Video, Flash Sale, Chat Shopee dapat meningkatkan visibilitas produk dan berinteraksi langsung dengan pelanggan. HijabChic juga rutin bergabung dengan kampanye yang Shopee hadirkan, seperti kampanye tanggal kembar, Shopee Mall, dan masih banyak lagi. Kemudahan transaksi dengan pelanggan juga sangat dirasakan karena metode pembayaran Shopee yang beragam hingga sistem logistik yang efisien dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.

Nisa Pratiwi mengaku setelah bergabung dengan Shopee merasakan adanya peningkatan performa penjualan yang signifikan.

“Setelah bergabung dengan Shopee, kami merasakan peningkatan performa penjualan secara signifikan. Volume order sangat bertambah terutama di momen spesial, seperti tanggal kembar, pay day, dan kampanye Shopee lainnya. Fitur-fitur seperti Shopee Live dan Shopee Video menjadi wadah yang efektif untuk mempromosikan produk kami secara luas dan meningkatkan interaksi dengan customers,” katanya.

HijabChic mulai aktif menggunakan fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video sejak 2019. Kemudahan yang ditawarkan seperti interaksi real time dengan customers, penyampaian informasi produk yang lebih efektif, banyaknya promo menarik seperti voucher diskon dan lainnya memudahkan pengguna untuk membuat keputusan pembelian.

Keunggulan dari Shopee Live dan Shopee Video membuka kesempatan bagi HijabChic untuk memperluas jangkauan audiens melalui content video yang di post serta transparansi produk saat live streaming. Selain itu, HijabChic juga rutin membuat konten interaktif di Shopee Video seperti styling tips dengan memberikan penawaran eksklusif atau diskon khusus.

Nisa menuturkan bahwa Shopee Live dan Shopee Video menjadi media yang efektif bagi strategi bisnis HijabChic.

“Shopee Live dan Shopee Video menjadi wadah yang sangat efektif dalam strategi bisnis HijabChic. Order kami semakin meningkat, khususnya karena adanya voucher di jam prime time saat live streaming di Shopee Live. Antusiasme pengguna saat sesi live kami sungguh luar biasa dimana banyak produk HijabChic yang laris terjual yakni Zalina Stripe Tops, Ulyani Stripe Tops, dan Syahira Dress. Kami berharap kolaborasi bersama Shopee dapat terus berjalan dengan baik dan semoga kedepannya dapat semakin dikenal sebagai brand yang tidak hanya mengikuti tren, tetapi juga menciptakan tren fashion di Indonesia,” tutup Nisa.

Nah, ada kabar baik bagi Anda! HijabChic akan meluncurkan koleksi terbarunya bersama Kiara Leswara yang siap membuat para wanita tampil lebih percaya diri ketika menggapai mimpinya. Mengusung konsep "Beauty Meets Fashion", koleksi ini akan memadukan desain chic, simple, dan functional, sehingga dapat dipakai di semua kesempatan. Koleksi ini akan menghadirkan 8 SKU, di antaranya atasan, rok, celana, dan outwear yang bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp439.000.

Jangan sampai ketinggalan, koleksi dari HijabChic ini akan diluncurkan pada 26 Juli 2024 dan akan tersedia pula berbagai special vouchers serta kejutan bagi beberapa pembeli pertama. Tentunya koleksi ini bisa Anda dapatkan hanya di Shopee.
(skr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)