Hotel di Balikpapan dan Samarinda Penuh Sesak Jelang HUT ke-79 RI di IKN

Jum'at, 19 Juli 2024 - 14:40 WIB
loading...
Hotel di Balikpapan...
Menjelang perayaan HUT ke-79 RI di IKN, Kaltim pada 17 Agustus 2024, hotel di Balikpapan dan Samarinda mengalami lonjakan pemesanan yang signifikan. Foto/Agung Bakti Sarasa
A A A
SAMARINDA - Menjelang perayaan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim) pada 17 Agustus 2024, hotel di Balikpapan dan Samarinda mengalami lonjakan pemesanan yang signifikan. Kamar hotel di kedua kota ini telah penuh sesak dengan tamu yang ingin menyaksikan perayaan bersejarah tersebut.

Antusiasme masyarakat untuk merayakan HUT ke-79 RI di IKN tak terbendung. Hal ini membuat akomodasi di sekitar wilayah tersebut ludes terpesan jauh-jauh hari.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim Sri Wahyuni mengatakan bahwa saat ini, tingkat keterisian atau okupansi hotel di Balikpapan dan Samarinda sudah penuh menjelang HUT ke-79 RI.

"Ini memang beberapa hotel di Balikpapan dan Samarinda itu sudah menyatakan full book," kata Sri dalam konferensi pers Persiapan Pemprov Kaltim Menyambut Pelaksanaan Upacara Bendera HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN pada Kamis, 18 Juli 2024.



Bahkan, para tamu dari luar daerah Kalimantan Timur terpaksa harus memilih hotel di wilayah Penajam. "Ada beberapa pihak yang stay atau memilih tinggal di Penajam. Itu sebagai alternatif pilihan karena sudah tidak dapat akomodasi di Balikpapan dan Samarinda," jelasnya.

Menurut Sri, okupansi hotel di Kaltim sering kali terisi penuh setiap kali terselenggaranya acara-acara besar.

Oleh karena itu, pihaknya pun telah meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan dan Samarinda untuk mendata tempat mana saja yang bisa digunakan oleh tamu yang nanti membutuhkan akomodasi pada 17 Agustus 2024

"Terkait dengan akomodasi ini memang luar biasa ya. Saat ini pun dengan berbagai kegiatan yang berlangsung membuat hotel-hotel begitu penuh. Jadi kalau ada kegiatan yang tiba-tiba itu pasti kesulitan untuk mendapatkan kamarnya," ujarnya.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)