Bella Hadid Didepak dari Iklan Adidas usai Dapat Kritik dari Israel

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:23 WIB
loading...
Bella Hadid Didepak...
Adidas telah menghapus gambar Bella Hadid dari iklan yang mempromosikan sepatu olahraga SL72 milik brand tersebut. Foto/Instagram Bella Hadid
A A A
JAKARTA - Adidas telah menghapus gambar Bella Hadid dari iklan yang mempromosikan sepatu olahraga SL72 milik brand tersebut. Sepatu SL72 pertama kali diluncurkan bertepatan dengan momen Olimpiade Munich pada 1972.

Perusahaan pakaian olahraga yang berbasis di Jerman itu “merevisi” kampanye mereka setelah mendapat kritik dari Israel atas keterlibatan Bella Hadid.

SL72 sendiri, yang digambarkan Adidas sebagai sepatu klasik yang tak lekang oleh waktu, memang dipromosikan oleh Bella Hadid. Dalam iklan sepatu tersebut, model berdarah Palestina itu mengenakan sepatu kets Adidas dan atasan Adidas sembari mengangkat tangannya di depan papan iklan besar Adidas.



Mengutip laman The Guardian, Sabtu (20/7/2024), model yang sebelumnya menuai kemarahan pemerintah Israel karena diduga meneriakkan slogan “dari sungai ke laut, Palestina akan merdeka” itu dituduh antisemitisme.

Akun resmi Israel di X mengatakan, mereka keberatan dengan keberadaan Bella Hadid sebagai wajah kampanye Adidas. Pihak Israel dalam postingan itu mengklaim bahwa sebelas warga mereka telah dibunuh oleh teroris Palestina pada saat Olimpiade Munich di tahun 1972.

Bella Hadid memang diketahui sangat vokal dalam mengkritik pemerintah Israel. Selama bertahun-tahun, ia selalu menyatakan dukungan kepada Palestina. Salah satunya dituangkan dalam sebuah postingan di Instagram pada 23 Oktober lalu, dengan membuat pernyataan bahwa ia menyesali hilangnya nyawa tak berdosa sambil menyerukan para pengikutnya untuk menekan para pemimpin mereka guna melindungi warga sipil di Gaza.

Sementara itu, pihak Adidas mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kampanye sepatu SL72 “menyatukan berbagai mitra”.

“Kami sadar bahwa ada kaitan dengan peristiwa sejarah yang tragis, meskipun ini sepenuhnya tidak disengaja, dan kami meminta maaf atas segala kekecewaan atau kesusahan yang ditimbulkan. Sebagai hasilnya, kami merevisi sisa kampanye,” kata pihak Adidas.



Tidak disebutkan perubahan apa yang akan dilakukan oleh Adidas. Yang jelas, para model Adidas lain seperti pesepakbola Prancis Jules Kounde, rapper AS A$AP Nast, dan model Tiongkok Sabrina Lan masih terlihat dalam kampanye online brand tersebut.

Ini bukan pertama kali Adidas memutus hubungan dengan duta selebritas mereka setelah adanya tuduhan antisemitisme. Adidas pernah mengakhiri kemitraannya dengan rapper Kanye West pada Oktober 2022 dengan mengatakan bahwa pihaknya tidak mentolerir antisemitisme setelah rapper Amerika tersebut ditangguhkan dari Instagram dan Twitter karena postingan yang menyinggung.

Dikatakan, komentar dan tindakan Kanye West tidak dapat diterima, penuh kebencian, dan berbahaya serta melanggar nilai-nilai keberagaman dan inklusi, saling menghormati dan keadilan yang diusung oleh Adidas.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1589 seconds (0.1#10.140)