alexametrics

Kari Ikan Nila Goreng yang Kaya Rasa

loading...
Kari Ikan Nila Goreng yang Kaya Rasa
Kari Ikan Nila Goreng menjadi makanan yang kaya rasa. Menu ini bisa menjadi pilihan bersantap hari ini bersama keluarga di momen libur akhir pekan. Foto/Instagram.
A+ A-
JAKARTA - Ikan menjadi makanan yang digemari banyak orang lantaran kaya manfaat kesehatan. Makanan ini bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat yang menggugah selera. Kari Ikan Nila Goreng misalnya.

Makanan ini menawarkan kaya rasa yang dapat menjadi pilihan untuk bersantap di libur akhir pekan ini bersama keluarga tercinta. Jika Anda tertarik untuk membuat menu ini, berikut resepnya seperti dikutip akun Instagram @rudydansahabat.

Bahan-bahan:
Bahan 1:

700 g ikan nila (3-4 ekor)
600 ml minyak goreng



Bahan 2:
1 sdt garam
½ sdt Desaku Kunyit Bubuk
2 sdt Desaku Ketumbar Bubuk
5 sdm air

Bahan 3:
7 buah cabe rawit merah
7 buah cabe rawit hijau
1 sdm bawang goreng

Bahan 4:
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih

Bahan 5:
6 sdm minyak goreng
500 ml santan sedang kentalnya
1 saset Desaku Bubuk Kari Nusantara
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
250 ml santan kental

Cara membuat:
Campur bahan 2 dalam wadah, aduk hingga larut. Panaskan 600 ml minyak goreng. Setelah ikan dibersihkan dan dikerat, goreng langsung ikan tanpa bumbu. Sesaat sebelum ikan dibalik, masukkan ½ bagian dari larutan bumbu marinasi atau bahan 2. Tunggu hingga minyak bening kembali. Balik ikan, sesaat sebelum ikan diangkat masukkan sisa bumbu marinasi. Tunggu hingga minyak bening kembali. Angkat, tiriskan dan sisihkan. (Baca juga: Bosan Sarapan Nasi atau Bubur? Coba Saja Bikin Fish and Chips).

Rajang bahan 4. Panaskan 6 sdm minyak goreng, tumis bawang putih hingga kekuningan. Masukkan bawang merah, tumis hingga harum. Larutkan Desaku Bubuk Kari Nusantara dengan santan sedang kental, aduk rata, lalu tuangkan ke tumisan, masak hingga bumbu larut dan mengembang. Kecilkan api, masukkan garam dan gula pasir, aduk hingga larut. Masukkan cabe rawit merah dan cabe rawit hijau, aduk hingga rata.

Masukkan santan kental, aduk hingga mulai mendidih. Letakkan ikan goreng ke piring saji, siram dengan kuah kari. Kari ikan nila goreng siap dihidangkan.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak