7 Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Minum Kopi, Turunkan Risiko Kanker dan Depresi

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:20 WIB
loading...
7 Penyakit yang Dapat...
Beberapa penyakit dapat dicegah dengan minum kopi. Kopi bukan hanya minuman favorit banyak orang, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Foto/Prevention
A A A
JAKARTA - Beberapa penyakit dapat dicegah dengan minum kopi . Kopi bukan hanya minuman favorit banyak orang, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang diakui oleh penelitian ilmiah.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minum kopi bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2, penyakit parkinson, hingga kanker, dan depresi. Namun, manfaat kesehatan kopi lebih terasa bila dikonsumsi tanpa tambahan gula dan krim berlebihan.

Dengan mengikuti pola minum kopi yang sehat dan seimbang, Anda bisa menikmati cita rasa nikmat kopi sekaligus mendapatkan manfaat kesehatannya. Meskipun kopi memiliki berbagai manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar.

Minum kopi berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti gangguan tidur, kecemasan, dan masalah pencernaan. Berikut adalah tujuh penyakit yang dapat dicegah dengan minum kopi dilansir dari Health Shots, Sabtu (20/7/2024).

7 Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Minum Kopi





1. Diabetes Tipe 2


Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Kandungan antioksidan dan senyawa bioaktif dalam kopi, seperti asam klorogenat, dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care menemukan bahwa orang yang minum kopi secara teratur memiliki risiko 23-50 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi.

2. Penyakit Parkinson


Penyakit parkinson adalah gangguan neurodegeneratif yang ditandai dengan hilangnya sel-sel saraf di otak yang memproduksi dopamin. Studi menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat membantu melindungi sel-sel saraf ini dan mengurangi risiko terkena parkinson.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Archives of Neurology, orang yang minum kopi secara teratur memiliki risiko 32-60 persen lebih rendah untuk mengembangkan penyakit parkinson.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)