Ini Cara Membuat Terong Goreng Bawang Cabe yang Lezat

Minggu, 14 Juli 2019 - 12:31 WIB
Ini Cara Membuat Terong Goreng Bawang Cabe yang Lezat
Ini Cara Membuat Terong Goreng Bawang Cabe yang Lezat
A A A
JAKARTA - Selain dibuat balado atau sayur lodeh, terong juga nikmat diolah mejadi hidangan lainnya. Terong goreng bawang cabe misalnya. Makanan ini menawarkan rasa gurih dari bawang dan pedas dari cabai yang nikmat disantap bersama nasi putih hangat.

Berikut resep membuat terong goreng bawang cabe untuk teman bersantap seperti dikutip dari akun Instagram @rudydansahabat.

Bahan 1:

2 buah terong, belah 4 bagian, potong 2 cm lalu rendam dalam air garam dari 500 ml air yang diberi 2 sdt garam dan diaduk rata

600 ml minyak goreng

Bahan 2:

1 butir telur

½ sdt kunyit bubuk

½ sdt ketumbar bubuk

½ sdt merica bubuk

1 sdt garam

3 sdm air

Bahan 3:

3 sdm tepung maizena

2 sdm tepung beras

Bahan 4:

3 sdm minyak goreng

6 siung bawang putih, cincang

10 buah cabai rawit merah, rajang

1 sdm kecap ikan

½ sdt kecap manis

1 sdm air

½ sdt garam

Cara membuat:

1. Masukkan potongan terong ke dalam mangkok yang berisi air garam supaya tidak berubah warna kehitaman atau oksidasi. Campur dan kocok telur dengan semua bahan 2, aduk hingga rata lalu sisihkan. Campur tepung maizena dan tepung beras lalu aduk hingga rata. Tiriskan terong dari air garam, kemudian lumuri dengan campuran telur.

2. Angkat terong dan lumuri dengan campuran tepung. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng terong hingga kekuningan, angkat terong, tiriskan dan sisihkan. Campur jadi satu sisa campuran tepung dan campuran telur, kemudian goreng hingga kekuningan, angkat, tiriskan dan sisihkan. Tumis bawang putih hingga mulai kekuningan.

3. Masukkan cabai rawit merah, lalu tumis hingga rata. Campur kecap ikan dan kecap manis ke dalam satu wadah, aduk rata. Kecilkan api, masukkan campuran kecap manis dan kecap asin, air dan garam, masak hingga air berkurang. Masukkan remah telur dan terong, aduk cepat hingga rata. Angkat. Terong goreng bawang cabe siap dihidangkan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6033 seconds (0.1#10.140)