Bulan Muharram Waktu yang Tepat untuk Umrah, Ini Alasannya

Senin, 22 Juli 2024 - 02:30 WIB
loading...
Bulan Muharram Waktu...
Ibadah umrah merupakan ibadah ziarah ke kota Makkah dengan melaksanakan beberapa amalan dimulai dari ihram, niat tawaf, sai dan diakhiri dengan bertahalul. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Ibadah umrah merupakan ibadah ziarah ke kota Makkah dengan melaksanakan beberapa amalan dimulai dari ihram, niat tawaf, sa'i dan diakhiri dengan bertahalul atau cukur rambut. Berbeda dengan ibadah haji, umrah tidak terikat dengan waktu sehingga ibadah umrah dapat dilakukan kapan saja.

Namun tentunya ada waktu yang tepat menjalankan ibadah umrah, yakni bulan Muharram. Kerajaan Arab Saudi mengimbau para jamaah untuk menjalankan ibadah umrah saat bulan Muharram karena kondisi di Kota Makkah tidak terlalu ramai.

Selain itu, bulan Muharram juga masuk dalam bulan utama selain bulan Ramadhan yang memiliki kemuliaan. Karena kemuliaan itulah Islam menganjurkan pemeluknya untuk memanfaatkan momentum tersebut untuk berikhtiar memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Untuk memanfaatkan momen itu, Direktur Utama, Ventour Travel Annissa Zulfida Umasugi menggelar keberangkatan perdana jamaah umrah di musim 1446 H pasca musim haji. Sebanyak 230 jamaah berangkat ke Tanah Suci menggunakan Saudi Airlines.



Annissa menjelaskan selain bulan Muharram merupakan bulan yang penuh kemuliaan, di momen ini juga Mekkah masih terbilang cukup sepi. Sehingga menjadi waktu yang tepat untuk menjalankan ibadah umrah.

“Belum banyak jamaah umrah yang berdatangan, mungkin Agustus (ramai). Rata-rata setelah musim Haji belum banyak jamaah umrah dan para travel belum siap, tapi kami sudah siap. Dan yang pasti harganya lebih murah karena bukan high season," jelasnya.

Dan yang menarik, umrah di bulan Muharram ini masih banyak jamaah haji yang berada di Madinah sehingga jamaah umrah bisa saling bertemu.

“Ini keberangkatan paling perdana yang mana jamaah haji masih banyak di Madinah. jadi jamaah umrah ini bisa bertemu dengan jamaah haji sebagai motivasi jamaah umrah untuk bisa berhaji,” pungkasnya.

(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)