Bukan Hanya Penyakit Kuning, Hepatitis Punya Risiko Komplikasi Bila Dibiarkan

Rabu, 24 Juli 2024 - 09:04 WIB
loading...
Bukan Hanya Penyakit...
Prodia juga menyediakan keringanan biaya 20% jika Anda memerlukan pemeriksaan lanjutan berupa tes HBV DNA untuk hepatitis B, maupun HCV RNA dan HCV core AG untuk hepatitis C. (Ilustrasi: Prodia)
A A A
JAKARTA - Banyak orang mengenal hepatitis sebagai penyakit kuning yang umum terjadi. Tetapi sebenarnya ada banyak hal yang perlu diketahui dari penyakit yang menyerang organ hati ini. Dalam tubuh manusia, hati memiliki fungsi yang sangat penting untuk metabolisme tubuh, mulai dari produksi empedu untuk menyaring zat racun, ekskresi sel darah merah yang rusak, mengurai lemak, aktivasi enzim, dan lain sebagainya. Sehingga, apabila seseorang terinfeksi virus hepatitis, dapat dibayangkan berbagai fungsi tubuh dapat terganggu yang berdampak pada kesehatan jangka panjang.

Hepatitis sendiri merupakan kondisi peradangan hati yang kebanyakan disebabkan olah infeksi virus, autoimun, atau akibat dari penggunaan obat-obatan. Setidaknya, terdapat lima jenis hepatitis yang disebabkan oleh infeksi virus, yaitu hepatitis A, B, C, D, dan E. Penularan infeksi virus hepatitis pun berbeda-beda tergantung jenis virusnya, seperti hubungan seksual tanpa alat pengaman, transfusi darah, dan konsumsi makanan yang terkontaminasi.

Jika seseorang mengalami hepatitis, maka kemungkinan manifestasi perjalanan penyakit akan lebih besar terjadi. Terlebih hepatitis bisa jadi tidak memiliki gejala, dapat menjadi kronis, atau bahkan berpotensi menimbulkan beragam komplikasi dan berkembang menjadi gagal hati. Untuk itu, perlu dilakukan skrining untuk mengetahui kondisi kesehatan hati agar terhindar dari risiko hepatitis kronis.

Vaksinasi menjadi langkah efektif dalam mencegah infeksi Hepatitis A dan Hepatitis B, sedangkan jenis hepatitis lainnya dapat dicegah dengan menjaga kebersihan, konsumsi makanan bergizi dan higienis, serta menghindari konsumsi alkohol dan NAPZA.

Selain itu, karena sifat hepatitis yang seringkali terjadi tanpa gejala, maka pemeriksaan skrining secara berkala sangat dianjurkan, untuk memantau kesehatan hati secara keseluruhan dan mengetahui adanya infeksi. Manfaatkan harga khusus untuk pemeriksaan panel kesehatan hati selama periode 22 Juli - 31 Agustus di cabang Prodia terdekat, adapun pemeriksaan yang ditawarkan meliputi :
1. Panel ProHealthy Liver 1 untuk Anda yang belum pernah vaksin hepatitis B yang meliputi:

Hematologi Lengkap
GOT
GPT
HBsAg
Anti-HBc IgM
Anti-HBs

2. Panel ProHealthy Liver 2 untuk Anda yang sudah pernah vaksin hepatitis B dan ingin melakukan skrining hepatitis C yang meliputi:

Hematologi Lengkap
GOT
GPT
Anti-HBs
Anti-HCV

3. Panel ProHealthy Liver 3 untuk Anda yang ingin mengetahui risiko penumpukan lemak pada hati dan melakukan skrining skrining hepatitis B & C yang meliputi:

Hematologi Lengkap
GOT
GPT
HBsAg
Anti-HCV
Trigliserida
Indeks Massa Tubuh

Jika Anda memerlukan pemeriksaan lanjutan berupa tes HBV DNA untuk hepatitis B, maupun HCV RNA dan HCV core AG untuk hepatitis C, Prodia juga menyediakan keringanan biaya 20% yang dapat dinikmati pada periode yang sama.

Keringan harga ini tersedia dengan mengunjungi cabang Prodia, maupun melalui aplikasi U by Prodia. Jika pelanggan ingin melakukan pengambilan sampel di rumah, memanfaatkan juga fitur layanan Home Service. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.prodia.co.id atau hubungi Kontak Prodia melalui layanan WhatsApp 0855 1500 830 atau call center 1500 830 (syarat dan ketentuan berlaku).
(ars)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1533 seconds (0.1#10.140)