6 Kesalahan Minum Kopi yang Merusak Kesehatan, Hindari Pakai Gula

Sabtu, 27 Juli 2024 - 00:05 WIB
loading...
6 Kesalahan Minum Kopi...
Kopi memiliki berbagai manfaat kesehatan jika dikonsumsi dengan benar. Namun, ada kesalahan umum yang dilakukan saat minum kopi yang dapat merusak kesehatan. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Kopi adalah salah satu minuman yang paling populer di dunia dan memiliki berbagai manfaat kesehatan jika dikonsumsi dengan benar. Namun, ada beberapa kesalahan umum yang dilakukan orang saat minum kopi yang dapat merusak kesehatan.

Secangkir kopi hangat dapat meningkatkan suasana hati. Banyak manfaatnya yang dibuktikan oleh penelitian. Beberapa penelitian bahkan menyatakan bahwa kopi meningkatkan umur panjang dan mencegah berbagai macam penyakit kronis.

Ada banyak penelitian yang mendukung konsumsi kopi dalam jumlah sedang. Menurut penelitian, 2-5 cangkir kopi dapat mengurangi risiko kematian dini, diabetes tipe 2, penyakit jantung, hati, kanker endometrium, penyakit Parkinson, dan depresi.

Berikut adalah enam kesalahan minum kopi yang bisa merusak kesehatan dilansir dari Times of India, Sabtu (27/7/2024).

6 Kesalahan Minum Kopi yang Merusak Kesehatan





1. Minum Kopi Terlalu Banyak


Mengonsumsi kopi dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti insomnia, peningkatan detak jantung, dan gangguan pencernaan. Kafein yang terdapat dalam kopi adalah stimulan yang dapat mempengaruhi sistem saraf pusat.

Batasi konsumsi kopi hingga dua hingga tiga cangkir per hari, atau sekitar 200-300 mg kafein. Ini adalah jumlah yang dianggap aman bagi kebanyakan orang dewasa.

2. Minum Kopi Terlalu Malam


Mengonsumsi kopi di malam hari dapat mengganggu pola tidur Anda. Kafein dapat bertahan dalam tubuh selama beberapa jam, sehingga jika Anda minum kopi terlalu dekat dengan waktu tidur, Anda mungkin akan kesulitan untuk tidur.

Hindari minum kopi setidaknya 6 jam sebelum tidur. Jika Anda ingin tetap menikmati rasa kopi di malam hari, pilih kopi tanpa kafein.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)