8 Lagu Pop-Rock yang Terinspirasi Musik Klasik, Sukses Jadi Tembang Hits

Jum'at, 26 Juli 2024 - 15:37 WIB
loading...
8 Lagu Pop-Rock yang...
Banyak artis rock dan pop beralih ke musik klasik untuk mendapatkan inspirasi. Salah satunya Lady Gaga. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA - Seberapa sering Anda mendengarkan musik kontemporer dan mengenali lagu klasik ? Bukan kebetulan bahwa banyak artis rock dan pop beralih ke musik klasik untuk mendapatkan inspirasi.

Faktanya, karya beberapa komposer hebat musik klasik pada masa itu telah digunakan dengan cerdik sebagai dasar untuk banyak hits ikonik.


Lagu Pop-Rock yang Terinspirasi Musik Klasik

1. Sting: 'Russians' (1985)
Album solo perdana Sting setelah keluar dari Kepolisian, 'The Dream of the Blue Turtles,' menyertakan singel 'Russians,' yang menggunakan tema 'Romance' dari 'Lieutenant Kijé Suite' oleh komposer Rusia Sergei Prokofiev.

2. Lady Gaga: 'Alejandro' (2010)
Biola komposer Italia Vittorio Monti dan karya musiknya 'Csardas' menjadi inspirasi melodi di balik lagu 'Alejandro' yang dipopulerkan Lady Gaga.

3. Elvis Presley: 'It’s Now or Never' (1960)
Elvis Presley membawa 'It's Now or Never' ke puncak tangga lagu pada 1960. Lagu ini tercipta berdasarkan tembang Napoli tahun 1898 'O Sole Mio,' yang musiknya ditulis oleh Eduardo di Capua.

4. Robbie Williams: 'Party like a Russian' (2016)
Robbie Williams ikut menulis 'Party like a Russian,' sebuah lagu yang terinspirasi oleh Prokofiev dan 'Dance of the Knights.' Williams, tentu saja, terkenal sebagai mantan anggota boy band Take That.

5. The Beatles: 'Because' (1969)
John Lennon terinspirasi untuk menulis 'Because,' yang muncul di album terakhir The Beatles 'Abbey Road, setelah mendengarkan istrinya Yoko Ono memainkan piano di segmen 'Moonlight Sonata' karya Beethoven.

6. Maroon 5: 'Memories' (2019)
Komposer Jerman Johann Pachelbel dan 'Canon and Gigue for 3 violins and basso continuo' menjadi inspirasi di balik 'Memories' karya Maroon 5.



7. Muse: 'Plug in Baby' (2001)
'Toccata and Fugue in D minor' karya Johann Sebastian Bach menjadi inspirasi musikal di balik tembang 'Plug in Baby' yang menjadi karya sukses Muse.

8. Zayn Malik: 'Blue' (2016)
Zayn Mailk, yang sebelumnya tergabung dalam boy band One Direction, merilis 'Blue' pada 2016, yang sebagian besar musiknya terinspirasi dari karya Bach dan 'Cello Suite in C major' sang komposer.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)