10 Lagu Paling Kontroversial yang Berhasil Direkam dan Jadi Hits

Senin, 22 Juli 2024 - 10:07 WIB
loading...
10 Lagu Paling Kontroversial...
Beberapa lagu ditulis dengan tajam seperti pukulan di wajah hingga jadi kontroversi.Foto/ getty
A A A
JAKARTA - Beberapa lagu ditulis dengan tajam seperti pukulan di wajah, di mana menghadirkan lirik yang dicampur dengan segala permasalahan yang ada, mulai obat-obatan terlarang hingga penolakan terhadap kekuasaan. Namun ada juga lagu-lagu polos yang tersandung dan jadi kontroversi.

Para musisi sering kali membuat karya mereka untuk menggoyahkan status quo sehingga memicu gelombang kejutan yang dapat menyebabkan dampak buruk bagi penggemar.



Dan jangan lupakan sajak-sajak nakal yang telah memasukkan para musisi ke dalam daftar karena radio dan TV tidak memberikan perhatian pada mereka. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Lagu-lagu Kontroversi

1. Lucy In The Sky With Diamonds dan A Day In The Life - The Beatles -
Baik lagu 'Lucy In The Sky With Diamonds' dan 'A Day In The Life' menghadapi sensor BBC karena dianggap sebagai referensi penggunaan narkoba. Band ini membantah konotasi tersebut.

2. Helter Skelter - The Beatles -
Tidak itu saja, lagu 'Helter Skelter', yang dimaksudkan sebagai anggukan main-main terhadap naik turunnya kerajaan, mengambil jalan memutar yang gelap ketika Charles Manson mendengarkannya. Yakin itu adalah lagu apokaliptik, Manson mengerahkan 'keluarganya' untuk melakukan kejahatan mengerikan atas nama lagu tersebut. Begitu banyak untuk 'gelar lucu' McCartney.

3. One in a Million - Guns N' Roses -
Di sisi lain, Axl Rose mengambil lagu Manson dan membuat versi cover 'Look at your game, girl' sebagai lagu tersembunyi di album 'Spaghetti Incident.' Namun, jauh sebelumnya, pada 1988, lagu 'Guns N' Roses' lainnya menimbulkan kehebohan karena liriknya yang homofobik, rasis dan anti-polisi. Axl Rose menjelaskan, itulah kesan awalnya saat pertama kali tiba di Hollywood.

4. Strange Fruit - Billie Holiday -
Strange Fruit dirilis pada 1939, membahas keprihatinan mendesak akan keadilan sosial dan ras. Lagu tersebut merupakan protes terhadap hukuman mati tanpa pengadilan terhadap orang kulit hitam, dan mengguncang masyarakat rasis dan konservatif pada saat itu.

5. We Can't Stop - Miley Cyrus -
Untuk membebaskan dirinya dari Hannah Montana, Miley Cyrus berhasil melakukan transisi dengan lagu hits ini, di mana dia berbicara tentang 'Molly' dan "Mencoba mengantre di kamar mandi."

6. I Want Your Sex - George Michael -
Penyanyi pop Wham ini menukar kepribadiannya yang bersih dengan karier solo yang berani yang dimulai dengan 'I Want Your Sex' pada 1987. Ini adalah lagu pertama yang menampilkan kata 'sex' dalam judulnya. Konsekuensinya, lagu tersebut dilarang oleh BBC dan beberapa stasiun radio di AS. Tapi, hei, semua publisitas adalah publisitas yang bagus.

7. God Save The Queen - Sex Pistols -
Band punk rock terkenal ini membangun reputasinya berdasarkan kontroversi. Lagu ini secara khusus menunjukkan bahwa monarki Ratu Elizabeth II adalah "rezim fasis". BBC melarang lagu tersebut disiarkan di Inggris, tetapi hal itu tidak menghentikannya mencapai nomor lima di tangga lagu Inggris.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1990 seconds (0.1#10.140)