Bella Hadid Angkat Bicara Terkait Protes Pro-Israel terhadap Iklan Adidas

Selasa, 30 Juli 2024 - 12:20 WIB
loading...
Bella Hadid Angkat Bicara...
Bella Hadid angkat bicara menanggapi reaksi keras menyusul kampanye Adidas yang dituduh pro-Israel. Ia tidak akan membintangi iklan terkait kekerasan. Foto/People
A A A
JAKARTA - Bella Hadid angkat bicara menanggapi reaksi keras menyusul kampanye Adidas berkaitan Olimpiade Munich yang dituduh pro-Israel. Melalui Instagram Stories, ia menegaskan tidak akan membintangi iklan yang terkait dengan kekerasan dalam bentuk apa pun.

Ini karena bertentangan dengan prinsipnya yang selalu menggaungkan perdamaian. Dalam unggahan yang sama, Bella Hadid menyatakan bahwa dirinya tidak mengetahui jika iklan Adidas yang dibintanginya itu berkaitan dengan tragedi Olimpiade Munich pada 1972 yang mengerikan.

"Bagi Anda yang tidak tahu isi hati saya, saya ingin memastikan bahwa Anda mendengar langsung dari saya tentang kampanye terbaru saya dengan adidas. Saya tidak akan pernah terlibat dengan karya seni atau karya apa pun yang terkait dengan tragedi mengerikan dalam bentuk apa pun," kata Bella dilansir dari People, Selasa (30/7/2024).

"Sebelum kampanye dirilis, saya tidak mengetahui adanya hubungan historis dengan peristiwa mengerikan pada tahun 1972. Saya terkejut, kesal, dan kecewa dengan kurangnya kepekaan yang dilakukan dalam kampanye ini. Jika saya diberi tahu, dari lubuk hati saya, saya tidak akan pernah berpartisipasi," sambungnya.



Bella Hadid Angkat Bicara Terkait Protes Pro-Israel terhadap Iklan Adidas

Foto/Instagram Bella Hadid

Adik Gigi Hadid ini menyatakan bahwa ia seharusnya juga mengambil peran dalam iklan Adidas itu dengan bertanya dan melakukan penelitian terkait cerita di belakangannya. Oleh karenanya, ia pun merasa kecewa dengan seluruh pihak yang terlibat dalam iklan kontroversi tersebut.

"Tim saya seharusnya tahu, Adidas seharusnya tahu, dan saya seharusnya melakukan lebih banyak penelitian sehingga saya juga akan tahu dan mengerti, serta berbicara. Seperti yang selalu saya lakukan, dan akan selalu saya lakukan, berbicara tentang apa yang saya yakini salah," jelasnya.

"Meskipun niat setiap orang adalah untuk membuat sesuatu yang positif, dan menyatukan orang-orang melalui seni, kurangnya pemahaman kolektif dari semua pihak merusak proses tersebut. Saya tidak percaya pada kebencian dalam bentuk apa pun, termasuk antisemitisme. Itu tidak akan pernah goyah, dan saya sepenuhnya mendukung pernyataan itu," lanjutnya.

Di sisi lain, model 27 tahun itu merasa sakit hati karena begitu banyak orang menghubungkan kampanye Adidas tentang Pembantaian Munich pada Olimpiade 1972 dengan pembebasan rakyat Palestina saat ini. Pasalnya, situasi keduanya berbeda.



Olimpiade 1972 paling diingat karena pembantaian tragis yang terjadi hanya seminggu setelah ajang olahraga tersebut dimulai. Pada tanggal 5 September tahun itu, delapan anggota kelompok militan Palestina Black September menyandera 11 atlet dan pelatih Israel, dan semua korban kemudian dibunuh. Seorang polisi Jerman juga dibunuh.

Bella kemudian mengakhiri unggahannya dengan pernyataan tegas yang mengungkap bahwa dirinya akan tetap memberikan dukungan penuh kepada Palestina, yang merupakan tanah kelahirannya. Ia juga memastikan mendukung perdamaian dunia.

"Saya akan selalu mendukung rakyat Palestina sambil terus memperjuangkan dunia yang bebas dari antisemitisme. Antisemitisme tidak memiliki tempat dalam pembebasan rakyat Palestina. Saya akan selalu mendukung perdamaian daripada kekerasan, kapan pun. Kebencian tidak memiliki tempat di sini, dan saya akan selalu memperjuangkan bukan hanya rakyat saya, tetapi setiap orang di seluruh dunia," ujarnya.

Sebelumnya pada bulan Juli, merek asal Jerman itu merilis sebuah kampanye yang menampilkan Bella Hadid untuk peluncuran ulang sepatu kets Adidas SL72, yang awalnya diluncurkan pada 1972, tahun yang sama dengan Olimpiade Munich. Supermodel tersebut adalah pendukung Palestina yang vokal, yang memiliki turunan Palestina dari sang ayah, Anwar Hadid.



Kampanye dan peran Bella dikritik oleh beberapa pihak di media sosial, termasuk Komite Yahudi Amerika, yang merilis pernyataan pada 18 Juli 2024. Seperti yang dilaporkan USA Today, Adidas Originals membagikan foto-foto yang menampilkan Bella mengenakan koleksi sepatu tersebut, yang tak lama kemudian dihapus setelah kontroversi. Adidas kemudian merilis pernyataan resmi dan meminta maaf atas iklannya.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)