5 Makanan asal Amerika yang Dilarang di Dunia, Wasadai Pewarna Buatan

Rabu, 31 Juli 2024 - 07:00 WIB
loading...
5 Makanan asal Amerika...
Ada makanan yang beredar di Amerika Serikat, tetapi dilarang di dunia karena kandungannya. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA - Apa yang dimakan orang Amerika dan bagaimana mereka mengonsumsinya? Pasalnya, salah satu bagian yang paling membingungkan adalah bahwa AS secara teratur menyediakan banyak bahan makanan yang tidak diketahui konsumen di toko kelontong.

Nah, berikut ini sejumlah makanan yang beredar di Amerika Serikat, tetapi tidak diperbolehkan di dunia karena kandungan atau bahan makanan yang digunakan.



1. Produk susu
Hormon pertumbuhan sintetis rBGH dan rBST disetujui untuk digunakan pada sapi oleh FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan AS) meski faktanya hormon tersebut buruk bagi sapi dan manusia, di mana menyebabkan kemandulan, melemahnya pertumbuhan otot dan memicu kanker.

Hormon ini pun dilarang sama sekali di peternakan sapi perah dan dalam produk susu di Uni Eropa, Kanada, Australia, Israel, Jepang dan Selandia Baru.

2. Makanan berwarna dengan pewarna buatan
Pewarna makanan, seperti Yellow 5, Yellow 6, Blue 1, Blue 2, dan Red 40, yang sering digunakan dalam makanan anak-anak, terbuat dari bahan kimia yang berasal dari minyak bumi dan telah dikaitkan dengan kanker, kerusakan sel saraf dan hiperaktif.

Tujuannya hanya untuk membuat makanan tampak menarik, tetapi berapa biayanya? Dan itu tidak hanya ada dalam permen, jus, dan sereal—juga dalam salmon, makaroni dan keju, es krim, dan saus salad.

Aditif yang disetujui FDA ini dilarang di Norwegia, Finlandia, Austria, Prancis, dan Inggris, dan banyak perusahaan makanan Amerika, seperti M&M menyingkirkan pewarna mereka di luar negeri, tetapi menyimpannya di AS.

Pada 2015, Kraft menyingkirkan pewarna Yellow 5 dan Yellow 6 dari makaroni dan keju oranye ikoniknya, dan memilih pewarna alami seperti paprika dan annatto.

3. Minuman ringan dengan minyak sayur terbrominasi (BVO)
Bahan kimia yang membuat pewarna makanan menempel pada cairan, yang juga digunakan dalam penghambat api, merupakan aditif yang diizinkan dalam soda Amerika, meski terkait dengan cacat lahir dan kerusakan organ utama.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)