Jaga Lingkungan dan Tubuh dari Dalam Penting untuk Hindari DBD

Senin, 24 Agustus 2020 - 18:39 WIB
loading...
Jaga Lingkungan dan Tubuh dari Dalam Penting untuk Hindari DBD
Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, kasus DBD hingga Juli 2020 telah mencapai 71.633 kasus dengan angka kematian mencapai 459 kasus. / Foto: ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Demam berdarah dengue (DBD) masih menjadi momok di Tanah Air. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan ( Kemenkes ), kasus DBD hingga Juli 2020 telah mencapai 71.633 kasus dengan angka kematian mencapai 459 kasus. Meski kondisi saat ini masih pandemi Covid-19, masyarakat juga perlu mendapatkan edukasi terkait DBD .

(Baca juga: Studi: Cegukan Jadi Gejala Baru Covid-19 )

Beranjak dari hal tersebut, apotek online khusus penderita penyakit kronis Lifepack bersama Jovee, aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen secara personal, kembali menghadirkan web seminar (webinar) We The Health pada 22 Agustus lalu. Mengangkat tema mengenai DBD, webinar ini menghadirkan dua narasumber yakni Dr. Dominicus Husada dr.,DTM&H.,MCTM(TP).,SpA(k) dan Chusnur Ismiati Hendro Gunawan, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Surabaya.

CEO Lifepack & Jovee, Natali Ardianto mengungkapkan, Lifepack dan Jovee tergerak untuk memberikan peringatan sekaligus mengedukasi masyarakat Indonesia, bahwa selain bahaya virus corona yang masih mengintai, ancaman penyakit lainnya salah satunya adalah DBD perlu juga diwaspadai.

"Maka dari itu kami hadirkan webinar tentang DBD dengan menghadirkan pakar yang ahli di bidangnya, untuk membantu mempersiapkan masyarakat Indonesia agar dapat mencegah terkena penyakit DBD . Karena masih banyak sekali hoax yang beredar terkait penyakit ini," ujar Natali.

Dokter spesialis anak, Dr. Dominicus Husada mengungkapkan, hingga saat ini masih banyak berita palsu (hoax) mengenai virus dengue, salah satunya adalah penyebutan nama. "Sebenarnya yang betul adalah infeksi virus dengue bukan demam berdarah, masih banyak masyarakat yang keliru akan hal ini," imbuhnya.

Dr. Dominicus menambahkan, demam berdarah masih tergolong dalam penyakit yang membahayakan, hingga dapat menghilangkan nyawa seseorang. Oleh karena itu, ada empat unsur yang membuat penyakit ini bisa menular ke banyak orang yakni virus dengue, nyamuk Aedes Aegypti, manusia, serta lingkungan sekitar, dan diperlukan berbagai persiapan untuk mencegah agar terhindar dari DBD.

"Untuk mencegah terkena DBD, masyarakat perlu untuk membersihkan lingkungan sekitar mereka tinggal. Namun membersihkan lingkungan dan rumah saja tidak cukup. Harus ada upaya pencegahan lain agar nyamuk tidak berkembang biak di rumah seperti, memakai obat nyamuk, lotion anti nyamuk, dan lain sebagainya," terangnya.

Di musim pancaroba seperti sekarang ini, perlu banyak melakukan berbagai pencegahan penyakit DBD, salah satunya adalah dengan gerakan 3M yaitu Menguras, Mengubur, dan Mendaur Ulang. Namun selain memperhatikan lingkungan, tetap perlu memenuhi asupan untuk tubuh agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Nutrisionist Jovee, Kelvin Halim pun membagikan tips agar terhindar dari penyakit dengan melakukan beberapa cara untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan sehari-hari. Selain dengan menjaga jarak dan menjaga kesehatan lingkungan, juga perlu menjaga tubuh dari dalam. "Penting sekali untuk mengonsumsi makanan beragam dan seimbang. Makanan dengan sayur, buah, serta protein dan lemak yang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari," ujarnya.

"Beberapa nutrisi seperti vitamin B, C, D, zink, protein, dan zat besi sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan mengoptimalkan sistem imun tubuh. Selain itu, pastikan juga makanan yang Anda makan atau masak dalam keadaan matang dan bersih agar tidak ada kuman atau bakteri yang mudah hinggap dalam makanan. Kita dianjurkan mengonsumsi sayur dan buah minimal sebanyak 4-5 porsi sehari. Namun jika hal tersebut tidak dapat terpenuhi, masyarakat bisa mengonsumi suplemen multivitamin yang dapat memenuhi asupan tersebut," katanya lagi.

(Baca juga: Frankie Banali Wafat karena Kanker Pankreas, Begini Gejala Umumnya )

Di tengah kondisi pandemi saat ini, masyarakat tidak perlu khawatir untuk mendapatkan akses layanan kesehatan, seperti pemenuhan kebutuhan suplemen multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Hal itu bisa dilakukan hanya dengan mengunduh aplikasi Jovee dan memilih beragam suplemen yang tepat bagi setiap individu. Sedangkan, untuk solusi pemenuhan kebutuhan obat harian, mingguan, atau bulanan, masyarakat juga bisa memperolehnya dengan mengunduh aplikasi Lifepack. Di sini, juga dapat berkonsultasi dengan dokter secara gratis.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)