alexametrics

Hal Luar Biasa yang Dilakukan Orang Saat Koma

loading...
Hal Luar Biasa yang Dilakukan Orang Saat Koma
Di sebagian kasus, keadaan koma berarti bahwa hidup Anda ditunda setidaknya selama beberapa hari. Ada beberapa hal unik yang pernah terjadi selama orang mengalami koma. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
DI SEBAGIAN kasus, keadaan koma berarti bahwa hidup Anda ditunda setidaknya selama beberapa hari. Bahkan dalam beberapa kasus ekstrem, koma bisa berlangsung bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun.

Ketika berada dalam kondisi ini, roda kehidupan di luar tetap berjalan di luar kehendak kita. Berikut ini beberapa hal unik yang pernah terjadi selama orang mengalami koma.

1. Memenangkan Gelar Copa Sudamericana

Hal Luar Biasa yang Dilakukan Orang Saat Koma



Pada November 2016, sepakbola Brasil dilanda tragedi. Penerbangan LaMia 2933 jatuh di Kolombia utara, menewaskan semua penumpang kecuali tiga pemain Klub Chapecoense. Klub Brasil ini akan melakukan perjalanan ke Medellin, untuk bermain di leg pertama final Copa Sudamericana.



Pemain yang selamat adalah bek kiri Alan Ruschel, kiper Jakson Follman, dan bek tengah Helio Hermito Zampier Neto, yang koma selama dua minggu setelah penyelamatannya. Sementara itu, Atletico Nacional, calon lawan Chapecoense di final, meminta agar badan sepakbola Amerika Selatan, CONMEBOL memberikan gelar Copa Sudamericana kepada Chapecoense sebagai bentuk solidaritas.

Akhirnya, Neto selamat tanpa ingatan tentang kecelakaan pada pertengahan Desember. Meskipun keadaan tragis, Neto telah menjadi juara dari ranjang rumah sakit tanpa menendang bola.

2. Melahirkan Bayi dengan Selamat

Hal Luar Biasa yang Dilakukan Orang Saat Koma



Tiga bulan sebelum melahirkan, wanita Inggris, Valerie Leah, didiagnosis menderita flu babi. Pada 2010, kondisinya kritis dan mengalami koma di Rumah Sakit Umum Tameside di Manchester.

Muncul kekhawatiran bayinya akan meninggal, namun bayi tersebut akhirnya dapat lahir dengan selamat. Hebatnya, setelah menghabiskan empat bulan di bawah pengawasan medis, baik ibu dan anak terbebas dari penyakit flu babi.

Mungkin ini adalah pertama kalinya seorang ibu hamil yang terjangkit flu babi mengalami akhir bahagia. Lea melahirkan ketika dalam keadaan koma dan menyelamatkan hidup bayinya.

3. Memecahkan Rekor Dunia

Hal Luar Biasa yang Dilakukan Orang Saat Koma



Dua orang telah memecahkan rekor dunia dalam kondisi koma, yaitu catatan untuk waktu terlama yang dihabiskan dalam keadaan vegetatif yang persisten. Elaine Esposito, lahir di Chicago, mengalami koma di usia 6 tahun pada Agustus 1941 setelah menjalani operasi rutin mengangkat usus buntunya.

Meskipun didiagnosis tidak bertahan lama oleh dokter, gadis itu mampu hidup 37 tahun lebih, tiga bulan, dan 20 hari. Dia meninggal sebagai pemegang Rekor Dunia Guinness pada November 1978.

Rekor selama tiga dekade tersebut digantikan oleh Edwarda O'Bara, yang koma karena diabetes pada Januari 1970. Wanita asal Pennsylvania ini akhirnya meninggal pada 2012. Dia telah tertidur selama 42 tahun, dikatakan lebih lama daripada siapa pun dalam sejarah.

4. Menjadi Pecandu Seks

Hal Luar Biasa yang Dilakukan Orang Saat Koma



Seorang pria asal Swiss Angelo De Luca terbangun dari koma selama 4 hari di tahun 2010 dengan nafsu yang tak terpuaskan untuk seks. Pria berusia 81 tahun itu menderita luka serius setelah jatuh dari pohon di kebunnya.

Setelah operasi besar, dia terbangun dengan dorongan seks besar yang mengarah ke kunjungan rutin ke rumah bordil setempat. Ia menghabiskan sekitar USD5.200 untuk berkencan dengan seorang pelacur muda. Sang anak yang melihat perilaku tidak wajar ayahnya mengambil alih kendali atas keuangannya dan kemudian menempatkannya di bawah tahanan rumah yang ketat.

5. Menjadi Fasih Berbahasa Spanyol

Hal Luar Biasa yang Dilakukan Orang Saat Koma



Mungkin Anda pernah tahu apa itu foreign accent syndrome? Ini adalah kondisi langka dimana orang-orang menderita stroke dan tiba-tiba mulai berbicara dengan aksen suatu negara yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya.

Namun pada kasus kali ini bukanlah demikian. Seorang bocah 16 tahun asal Georgia Amerika Serikat, Reuben Nsemoh mengalami cedera parah saat bermain bola pada 2016. Ia mengalami koma selama beberapa hari dan ketika terbangun dari komanya, ia mulai berkomunikasi dalam bahasa Spanyol dengan aksen sempurna. Setelah beberapa jam kemudian, kemampuan berbahasa Spanyol mulai memudar perlahan-lahan.

6. Menginspirasi Sebuah Film
Hal Luar Biasa yang Dilakukan Orang Saat Koma
Emily V. Gordon telah menjalin hubungan dengan Kumail Nanjiani selama 8 bulan. Pada 2007, ketika Gordon mengalami koma akibat sebuah penyakit selama 12 hari, Kumail tetap setia mendampingi Gordon. Mereka menikah beberapa bulan setelah pemulihan Gordon.
Berdasarkan pengalaman mereka, pasangan ini membuat naskah film pada 2017 yang disutradari Michael Showalter. Di film berjudul The Big Sick ini, Nanjiani menjadi pemain utama.

7. Menceraikan Pasangannya

Hal Luar Biasa yang Dilakukan Orang Saat Koma



Pada 2014, seorang wanita Israel mengajukan gugatan cerai dari suaminya yang mengalami koma sejak 2007 akibat kecelakaan motor. Keputusan hakim mengamanatkan bahwa suami harus secara resmi menyetujui perceraian secara hukum.

Selama 2 tahun berikutnya, suami belum juga sadar dari komanya, sehingga terjadi pergulatan hukum dan dibawa ke Pengadilan Tinggi Israel. Akhirnya keputusan hakim terkait status perceraian mereka pun sah, wanita itu diberikan hak bebas menikah lagi, sementara suaminya masih dalam keadaan koma dan menjadi pria Yahudi pertama yang menceraikan pasangannya dalam keadaan tidak sadar.

8. Memenangkan Kasus Hukum

Hal Luar Biasa yang Dilakukan Orang Saat Koma



Pada April 1989, sepakbola Inggris berduka ketika 96 fans Liverpool tewas akibat rubuhnya stadion di semifinal Piala FA melawan Nottingham Forest di Stadion Sheffield Hillsborough. Dari 96 korban, 94 orang meninggal. Salah satu korban, Tony Bland (18 tahun) mampu bertahan hidup selama hampir 4 tahun dalam keadaan koma.

Setelah mengetahui bahwa putra mereka memiliki peluang kecil sembuh, orang tua Bland mengambil tindakan hukum kepada rumah sakit untuk mengakhiri hidup Bland. Perdebatan pun terjadi, pengadilan menolak permintaaan keluarga, kasus dirujuk ke pengadilan Inggris untuk mengajukan banding.

Akhirnya House of Lords memberi izin kepada dokter menarik tabung makanan yang mendukung kehidupan Bland. Inilah pertama kalinya pengadilan Inggris memenangkan kasus hukum orang dalam kondisi koma.

9. Berfantasi Menjadi Artis

Hal Luar Biasa yang Dilakukan Orang Saat Koma



Rory Curtis, mengalami koma setelah kecelakaan mobil pada 2014. Beberapa hari setelah sadar, ia terkejut ketika melihat dirinya di cermin kamar mandi, ia melihat dirinya sebagai aktor Matthew McConaughey.

Ia mulai mempelajari bahasa Prancis untuk mendalami aktingnya sebagai seorang detektif sesuai peran aktor yang menjadi fantasinya. Akhir cerita, Curtis bertekad menghabiskan waktunya untuk melakukan sesuatu yang ia nikmati. Ia menjadi seorang barber. Mungkin ia sudah sadar sepenuhnya siapa jati dirinya sebenarnya.

10. Menjadi Raja

Hal Luar Biasa yang Dilakukan Orang Saat Koma



Kejadian ini terjadi di Nepal pada awal Juni 2001. Dengan alasan yang masih belum jelas terungkap, Putra Mahkota Dipendra Bir Bikram Shah menembaki bangsawan Nepal di Narayanhity Royal Palace. Ia menembak mati total 11 orang, termasuk orang tuanya yang menjadi raja dan ratu Nepal.

Setelah puas menembak, ia kemudian mengarahkan pistol pada dirinya sendiri. Namun ia gagal. Alih-alih ingin bunuh diri, ia justru berakhir koma di rumah sakit setempat selama beberapa hari sebelum meninggal.

Sesuai aturan negara, Dipendra secara teknis mewarisi posisi ayahnya sebagai raja Nepal. Selama sekitar 54 jam (3 hari), negara itu dipimpin oleh seorang pembunuh massal dalam keadaan koma.

Sumber: www.listverse.com
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak