alexametrics

7 Hal Penting yang Baiknya Diketahui Saat Menyusui

loading...
7 Hal Penting yang Baiknya Diketahui Saat Menyusui
Ada 7 hal penting yang baiknya diketahui saat menyusui, mulai asi yang 'bocor' hingga butuh waktu untuk terbiasa dengan produksi susu. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Menyusui menjadi perjalanan yang emosional yang membantu memperkuat ikatan Anda dengan si kecil dan melindungi bayi terhadap begitu banyak penyakit.

Menyusui lebih dari sekadar memberi makan bayi. Sudah menjadi pemikiran umum bahwa memberi makan bayi akan terjadi secara alami atau 'terjadi begitu saja', tetapi ada banyak rintangan yang bisa dialami saat menyusui. Malam-malam tanpa tidur, payudara ‘bocor’ dan rasa sakit!

Para ibu yang telah mengalami dapat memberi tahu Anda hal tersebut. Namun, ada beberapa hal yang harus diketahui sebagai ibu baru:



1. Kebocoran ASI
Begitu Anda mulai menyusui, payudara Anda bisa berubah menjadi air mancur (bercanda!). Tapi, saat asi keluar berlebih, itulah saat bantalan bra penyerap menjadi begitu berguna.

2. Apakah kehamilan mengubah ukuran payudara?
Dengan produksi hormon yang lebih dari normal, ukuran payudara Anda secara alami bertambah ketika hamil. Ukuran payudara juga terus berubah setiap minggu dan tidak ada yang bisa Anda lakukan!

3. Butuh waktu untuk terbiasa dengan produksi susu
Pasokan susu tidak datang secara alami pada setiap ibu. Dibutuhkan sedikit latihan. Tidak peduli berapa banyak video yang Anda tonton, konsultasikan, atau coba, memberi makan tidak terjadi dengan insting dan sebenarnya tidak apa-apa. Akan ada hari-hari persediaan Anda akan lebih sedikit dan hari-hari ketika itu akan jauh lebih banyak dari yang Anda pikirkan.

4. Ingat pakaian yang Anda sukai? Ya, lupakan mereka selama setahun.
Setelah Anda terbiasa makan saat lapar, ada hal lain yang perlu diketahui, semua pakaian bagus Anda akan ‘hancur’. Tapi, untungnya Anda bisa mendapatkan ASI yang lebih baik! (Baca juga: Sudah Pernah Merasakan Sensasi Bath Bomb?).

5. Bayi akan selalu lapar!
Bayi yang baru lahir selalu membutuhkan makanan setiap saat. Sebagai seorang ibu, Anda adalah orang yang tepat untuk memenuhi rasa lapar! Pada bulan-bulan awal, Anda akan memiliki bayi yang menempel di payudara sepanjang waktu.

6. Menyusui bisa menyakitkan
Tidak ada yang memberitahu Anda soal menyusui yang bisa terasa sakit. Orang-orang berpikir menyusui tidak akan sakit. Namun, memberi makan bayi kecil lebih menyakitkan daripada yang bayangkan. Saat bayi mengisap puting selama berjam-jam, berarti payudara Anda cenderung menjadi sakit, kering dan bahkan gatal atau berdarah.

Untuk masalah yang satu ini, gunakan minyak kelapa untuk membantu payudara menjadi lembab dan menjaga kekeringan. Jika sakitnya lebih banyak, bicaralah dan konsultan ke dokter.

7. Bantuan
Ya, menyusui mungkin merupakan hal paling alami yang terjadi pada Anda, tetapi akan membutuhkan waktu untuk terbiasa. Semua gambar yang Anda lihat tentang bayi dengan mudah menempel pada payudara? Tidak akan selalu demikian. Terkadang, Anda akan membutuhkan sedikit bantuan dari pasangan atau perawat untuk mendapatkan pasokan ASI.

Ingat, bayi Anda sama tidak berpengalamannya dengan Anda dan akan butuh waktu bagi Anda berdua untuk menyesuaikan diri. Tidak apa-apa untuk meminta bantuan dan tidak ada alasan untuk merasa bersalah tentang hal yang sama.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak