Gula Darah Puasa yang Bagus Berapa? Ini Kisaran Normalnya

Selasa, 06 Agustus 2024 - 07:00 WIB
loading...
Gula Darah Puasa yang...
Kadar gula darah puasa adalah salah satu indikator penting kesehatan, khususnya dalam kaitannya dengan diabetes dan kondisi metabolik yang harus diwaspadai. Foto/Diabetes UK
A A A
JAKARTA - Kadar gula darah puasa adalah salah satu indikator penting kesehatan, khususnya dalam kaitannya dengan diabetes dan kondisi metabolik lainnya yang harus diwaspadai. Memahami berapa kadar gula darah yang dianggap normal dapat membantu Anda menjaga kesehatan dan menghindari komplikasi yang serius.

Gula darah atau glukosa darah adalah jumlah glukosa yang terdapat dalam darah. Glukosa adalah sumber energi utama bagi sel-sel tubuh dan diperoleh dari makanan yang kita konsumsi, terutama karbohidrat.

Dilansir dari Medical News Today, Selasa (6/8/2024), insulin, hormon yang diproduksi oleh pankreas, berperan penting dalam membantu sel-sel tubuh menyerap glukosa dari darah.

Gula Darah Puasa yang Bagus Berapa? Ini Kisaran Normalnya





Rentang Normal Gula Darah



Sementara itu, kadar gula darah yang dianggap normal dapat bervariasi tergantung pada waktu pengukuran dan kondisi seseorang. Berikut adalah panduan umum untuk kadar gula darah normal:

1. Puasa (8 Jam Tidak Makan)



- Normal: 70-99 mg/dL (3.9-5.5 mmol/L)
- Pra-diabetes: 100-125 mg/dL (5.6-6.9 mmol/L)
- Diabetes: ≥126 mg/dL (≥7.0 mmol/L)

2. 2 Jam setelah Makan

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1641 seconds (0.1#10.140)