Kenapa Orang Korea Jarang Bau Badan? Ini Rahasianya

Selasa, 06 Agustus 2024 - 22:15 WIB
loading...
Kenapa Orang Korea Jarang...
Fenomena bahwa orang Korea cenderung tidak memiliki bau badan yang menyengat sering menjadi topik pembicaraan menarik. Mereka sering kali terlihat segar. Foto/Shutterstock Imtmphoto
A A A
JAKARTA - Fenomena bahwa orang Korea cenderung tidak memiliki bau badan yang menyengat sering menjadi topik pembicaraan menarik. Mereka sering kali terlihat segar, bahkan setelah beraktivitas seharian.

Banyak yang penasaran dengan fenomena orang Korea yang jarang bau badan . Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap hal ini, baik dari segi genetika, gaya hidup, maupun budaya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa sebagian besar orang Korea Selatan dan Jepang memiliki varian gen yang disebut ABCC11. Gen ini memiliki peran penting dalam produksi keringat dan bau badan.

Kelenjar apokrin adalah kelenjar keringat yang menghasilkan keringat berbau. Gen ABCC11 berperan dalam mengontrol aktivitas kelenjar apokrin ini. Pada sebagian besar orang Asia Timur, termasuk Korea Selatan dan Jepang, terjadi mutasi pada gen ABCC11.



Mutasi ini menyebabkan kelenjar apokrin kurang aktif sehingga produksi keringat bau berkurang secara signifikan. Ini artinya, kelenjar keringat penghasil bau kurang aktif membuat orang Korea jarang bau badan.

Selain faktor genetik, ada beberapa faktor lain yang turut membuat orang Korea jarang bau badan. Berikut di antaranya dilansir dari Times of India, Selasa (6/8/2024).

Kenapa Orang Korea Jarang Bau Badan?


1. Faktor Genetik


- Keringat yang Kurang Bau


Keringat yang dihasilkan oleh orang Asia Timur, termasuk Korea, cenderung lebih sedikit mengandung protein yang diuraikan oleh bakteri penyebab bau badan. Keringat mereka lebih encer dan kurang berminyak, yang membuatnya kurang menarik bagi bakteri.

2. Faktor Gaya Hidup dan Diet


- Pola Makan Sehat


Pola makan orang Korea yang kaya akan sayuran, ikan, dan makanan fermentasi seperti kimchi juga berperan dalam mengurangi bau badan. Kimchi dan makanan fermentasi lainnya mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan usus dan dapat mengurangi bau tubuh dari dalam.

- Konsumsi Alkohol dan Rokok yang Rendah


Orang Korea cenderung mengonsumsi alkohol dan merokok dalam jumlah yang lebih rendah dibandingkan beberapa budaya lainnya. Kebiasaan ini membantu mengurangi produksi bau badan yang disebabkan oleh metabolisme alkohol dan tembakau.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2050 seconds (0.1#10.140)