5 Cara Mengenali Produk Kosmetik Palsu

Selasa, 25 Agustus 2020 - 15:03 WIB
loading...
5 Cara Mengenali Produk Kosmetik Palsu
Pada dasarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli produk kosmetik agar terhindar dari produk palsu. Agar tak salah, ini tipsnya. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Sebagai produsen kosmetik, banyak perusahaan menghadapi masalah serius terkait produk kosmetik palsu yang dipasarkan oleh oknum-oknum yang mencoba mendapatkan keuntungan ilegal dari merek terkenal.

Sebagai pengguna, tentu bertanya-tanya, apakah mungkin bisa mengidentifikasi produk palsu dan jika demikian, bagaimana cara melakukannya.

Pada dasarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli produk kosmetik agar terhindar dari produk palsu. Seperti dilansir dari Pink Villa, berikut 5 cara mengenali produk kosmetik palsu.

1. Informasi bahan yang tidak tepat
Produk otentik selalu mencantumkan bahannya. Jika Anda menemukan bahwa informasi ini hilang atau tidak tepat maka Anda harus segera waspada bahwa produk ini mungkin palsu.

2. Menguji produk untuk bau amis dan konsistensinya
Mintalah penguji dan uji produk sebelum membeli. Tampilan dan bau produk dapat memberi tahu Anda apakah produk tersebut lama atau palsu. Misalnya, mungkin ada bau anyir atau minyak mungkin telah lepas. Konsistensi produk mungkin berbeda. Periksa apakah warna lipstik sama, atau apakah produk seperti mascara atau lipstik kering dan mudah hancur. (Baca juga: Minta Joy Tinggalkan Red Velvet, YouTuber Korea Tuai Kritik ).

3. Harga produk yang lebih rendah
Anda mungkin menemukan bahwa harga yang dicantumkan untuk produk palsu jauh lebih murah daripada harga sebenarnya. Jika menawar, Anda bahkan mungkin dapat menurunkan harga lebih jauh. Seseorang juga harus berhati-hati terhadap produk dengan harga diskon besar dari nama merek terkenal yang dijual secara online. Ini terutama terjadi di situs E-Commerce dengan penjual pihak ketiga.

4. Kualitas kemasan yang buruk
Kosmetik palsu juga dapat dikenali dengan memperhatikan kemasannya. Produk perusahaan terkenal akan disegel dengan benar dan produk tersebut bahkan mungkin berada di dalam kemasan jenis karton. Periksa apakah ada hologram, karena kebanyakan perusahaan sekarang menggunakan hologram untuk membantu membedakan produk asli dan produk palsu.

Pembuat kosmetik palsu menggunakan tempat yang sama dan mencetak salinan dari label aslinya. Perbedaannya terlalu minim untuk diperhatikan oleh pelanggan. Tetapi, seseorang harus mengunjungi situs web perusahaan dan membuat catatan tentang kemasan aslinya. Kemudian periksa apakah ada perbedaan warna, ukuran huruf, gaya tulisan, bentuk wadah dan tutup.

5. Detail yang hilang di tanggal manufaktur
Seseorang juga harus memeriksa detail pembuatan produk yang Anda beli jika curiga itu palsu. Periksa tanggal pembuatan dan kedaluwarsa, barcode dan nomor seri. Nomor batch mungkin hilang. Salah satunya mungkin hilang dari produk palsu.

Jika produk tersebut palsu, maka 2 atau 3 digit pertama bercode mungkin tidak cocok dengan negara asal yang tertera pada kemasan atau produk itu sendiri. Dan yang terpenting, sebelum Anda membeli sesuatu, pastikan serial number pada produk itu sendiri sesuai dengan nomor yang tertera pada box.

Pelanggan sebaiknya membeli produk hanya dari distributor dan outlet eceran resmi sehingga ada kepastian dan jaminan untuk membeli produk asli. Pembeli online harus membeli produk dari toko online perusahaan itu sendiri, daripada membeli produk dari penjual pihak ketiga.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)