alexametrics

7 Hal Menyakitkan Akibat Kepergian Spider-Man dari MCU

loading...
7 Hal Menyakitkan Akibat Kepergian Spider-Man dari MCU
Banyak hal yang akan menghilang dari film Spider-Man dan Marvel Cinematic Universe dengan hengkangnya Spider-Man akibat perceraian Sony dan Marvel. (Film School Rejects)
A+ A-
Hengkangnya Spider-Man dari Marvel Cinematic Universe (MCU) akibat kegagalan Disney dan Sony mencapai kesepakatan baru meremukkan hati banyak penggemarnya. Mereka seolah tidak rela jika tokoh kesayangan mereka itu harus pergi dari jagat sinema yang membuatnya kembali populer. Banyak meme bertebaran di media sosial dengan tagar #savespiderman.

Kesepakatan antara Disney dan Sony terkait pemakaian Spider-Man di MCU tercapai pada 2015. Berdasarkan kesepakatan itu, Disney bisa menggunakan Spider-Man di film MCU mereka, tapi film solo Spider-Man tetap menggunakan bendera Sony sebagai pemegang hak lisensi karakter itu. Spider-Man yang diperankan Tom Holland kemudian debut di Captain America: Civil War pada 2016.

Berdasarkan kesepakatan, Disney akan mendapatkan 5% dari hasil box office film solo Spider-Man yang dirilis Sony. Namun, sejumlah laporan menyebut, setelah kesepakatan pertama usai, kedua belah pihak tidak bisa menyepakati skema keuangan tersebut. Akibatnya, Sony menarik Spider-Man dari MCU.



Ini artinya, Peter Parker alias Spider-Man versi Tom Holland ini tidak akan lagi tampil di film MCU apa pun. Sony masih membuka pintu untuk negosiasi ulang dengan Disney. Namun, jika itu tidak berhasil maka, menurut Comic Book, ada 7 hal menyakitkan yang akan hilang dari MCU karena kepergian Spider-Man tersebut.

1. Tiga pahlawan terbesar Marvel sudah tidak ada lagi di MCU
7 Hal Menyakitkan Akibat Kepergian Spider-Man dari MCU

MCU sudah berada di teritori baru setelah akhir Avengers: Endgame. Di film itu, Captain America memilih kembali ke masa lalu dan hidup dengan tenang setelah mengembalikan Batu Waktu. Tony Stark/Iron Man mati setelah menyelamatkan semesta dengan menjentikkan jarinya yang bertakhtakan Batu Keabadian. Dua pahlawan terbesar dan terpopuler MCU ini tidak akan lagi muncul di film. Setelah keduanya pergi, Peter Parker/Spider-Man didesain untuk menggantikan mereka di masa depan. Ini bukan tanpa alasan, Spider-Man adalah salah satu karakter paling kondang dari Marvel.

Namun, sekarang Sony dan Marvel—yang ada di bawah naungan Disney—telah berpisah. Spider-Man pun akan ikut pergi. Tanpa Sony, Marvel tidak bisa memakai karakter itu. Sebaliknya, tanpa Marvel, Sony tidak bisa memakai Avengers atau karakter lain di MCU. Dengan begitu, MCU telah kehilangan 3 pahlawan terpopuler mereka. Kali ini, mereka tidak bisa menggunakan Perampokan Waktu untuk memperbaikinya.

2. J Jonah Jameson tidak akan bertemu pahlawan MCU

7 Hal Menyakitkan Akibat Kepergian Spider-Man dari MCU

Salah satu kejutan di Spider-Man: Far From Home adalah munculnya J Jonah Jameson untuk kali pertama di MCU. Karakter ini kembali diperankan JK Simmons yang sebelumnya memerankannya di trilogi Spider-Man arahan Sam Raimi untuk Sony. Penampilan itu membuat penggemar tidak sabar melihat Jameson bertemu para pahlawan MCU. Namun, hal itu tidak akan terjadi. Jameson adalah karakter yang akan ikut Sony dalam ‘perceraian’ ini.

3. Spider-Man tidak akan bertemu X-Men atau Deadpool di film
7 Hal Menyakitkan Akibat Kepergian Spider-Man dari MCU

Akuisisi Fox oleh Disney pada awal tahun ini membawa masuk properti Marvel seperti Fantastic Four, X-Men dan Deadpool ke Marvel Studios. Banyak harapan melihat kolaborasi antara Spider-Man dengan—khususnya—Deadpool setelah akuisisi tersebut. Apalagi, karakter-karakter yang baru saja “pulang” itu diperkirakan akan masuk MCU. Fantastic Four dan X-Men disebut akan tampil di Phase 5 MCU yang akan dibuka pada 2022. Ide pertemuan Spider-Man dengan karakter-karakter ini sudah memukau para penggemar. Namun, dengan hengkangnya Spider-Man dari MCU, itu tidak akan terjadi.

4. Happy Hogan dan Bibi May patah hati

7 Hal Menyakitkan Akibat Kepergian Spider-Man dari MCU

Salah satu kejutan lain di Spider-Man: Far From Home adalah kisah romansa antara sopir Tony Stark, Happy Hogan, dengan Bibi May, bibi Peter Parker. Hubungan ini sangat dinantikan bisa berkembang di masa depan baik di film Spider-Man dan MCU. Namun, dengan kepergian Spider-Man dari MCU, berakhir pulalah kisah cinta Happy dan Bibi May ini. Tak hanya itu, Peter pun juga akan kehilangan Happy yang selama ini membantunya.

5. Semua penjahat hebat di Spider-Man terbatas untuk MCU
7 Hal Menyakitkan Akibat Kepergian Spider-Man dari MCU

Sepertinya, kepergian Spider-Man dari MCU akan lebih banyak ruginya ketimbang untungnya. Di sisi lain, MCU pun juga merugi dengan kepergian Spider-Man. Tidak hanya kehilangan salah satu tokoh populernya, MCU juga akan kehilangan kesempatan untuk menggunakan para tokoh jahat dari dunia Spider-Man yang dikenal sangat jahat. Venom, Green Goblin dan Doctor Octopus tidak akan tampil di MCU.

6. Kisah Skrull dari Far From Home tidak akan disinggung di film Spider-Man

7 Hal Menyakitkan Akibat Kepergian Spider-Man dari MCU

Di akhir Spider-Man: Far From Home, terungkap kalau Nick Fury yang merekrut Peter Parker ternyata adalah Talos, Skrull yang menyamar sebagai Nick. Nick asli sedang mengomandoi sebuah kapal antariksa. Jelas, ini akan memerlukan penjelasan tentang apa yang akan terjadi. Namun, penjelasan itu tidak akan ada di film Spider-Man. Ini mungkin akan dijelaskan di MCU, tapi akan lebih enak kalau ini melibatkan Spider-Man.

7. Tidak akan ada lagi Iron Spider
7 Hal Menyakitkan Akibat Kepergian Spider-Man dari MCU

Kosum Iron Spider mungkin merupakan perwujudan terkeren kostum Spider-Man. Kostum ini kali pertama tampil di Avengers: Infinity War, kemudian di Avengers: Endgame dan terakhir terlihat di Spider-Man: Far From Home. Namun, dengan perpisahan Sony dan Marvel, kostum itu mungkin tidak akan pernah terlihat lagi. Kostum itu adalah pengingat Iron Man. Apalagi, dialah yang memberikan kostum itu kepada Peter. Sony tidak akan bisa membuat rujukan kepada Iron Man dengan perpisahan itu dan kostum itu pun harus pergi.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak