Istana Maimoon Makin Cantik usai Direvitalisasi lewat Program Pelestarian Bangunan Ikonis 'Warnai Kehidupan'

Jum'at, 09 Agustus 2024 - 16:16 WIB
loading...
Istana Maimoon Makin...
Melihat pentingnya keberadaan Istana Maimoon sebagai cagar budaya, Nippon Paint bersama Bank Indonesia melalui program Warnai Kehidupan melakukan revitalisasi dengan melakukan pengecatan ulang. Foto/Istimewa
A A A
MEDAN - Meski telah berusia ratusan tahun, Istana Maimoon yang berada di Kota Medan tetap berdiri kokoh dan megah, dengan sentuhan dominasi warna kuning keemasaan khas Melayu yang memancarkan kejayaan Kesultanan Deli dari masa Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah.

Bangunan bersejarah rancangan arsitek berkebangsaan Belanda, Theodore van Erp, Kapten Koninklijk Nederlands - Indische Leger (KNIL), itu bahkan kini terlihat semakin elok setelah dilakukan revitalisasi sejak Juni 2024.

“Istana yang mulai dibangun sejak tahun 1888 hingga 1891 ini masih mempertahankan berbagai furnitur asli sejak awal bangunan berdiri. Namun, seiring berjalannya waktu, kondisi warna pada dinding bangunan mulai memudar. Sehingga perlu untuk diperbarui untuk menjaga kondisi bangunan yang bersejarah ini," kata T. Reizan Ivansyah selaku Ketua Umum Yayasan Sultan Ma’moen Al-Rasyid, pengelola Istana Maimoon.

Melihat pentingnya keberadaan Istana Maimoon sebagai cagar budaya, Nippon Paint Indonesia bersama Bank Indonesia melalui program Warnai Kehidupan #ColouringLives, tergerak untuk melakukan revitalisasi dengan melakukan pengecatan ulang pada Istana Maimoon yang memiliki luas bangunan 772 m2, dengan menyumbangkan 1.562 liter cat beserta alat pengecatannya.

“Sejalan dengan kampanye #BestInClass di mana Nippon Paint hadir untuk mempersembahkan cat terbaik di kelasnya dengan kualitas tanpa kompromi, maka kami gunakan serangkaian produk #BestInClass, salah satunya yaitu Weatherbond Max dalam pelestarian dan pengembangan bangunan ikonis di Indonesia ini," ungkap Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia.

Weatherbond Max merupakan cat premium eksterior yang dilengkapi Teknologi Quartz yang tangguh terhadap cuaca ekstrem tropis dan memiliki fitur self-cleaning agar bangunan lebih tahan terhadap debu atau kotoran sehingga selalu terlihat baru. Selain itu, dengan Teknologi Reologi Optimalnya, dapat menghasilkan lapisan cat dengan daya tutup maksimal, hasil akhir halus merata, serta warna yang lebih cerah dan hidup.

Pengecatan ulang ini akan menonjolkan kembali keindahan arsitektur istana yang megah dan mewah dengan menggunakan warna seperti putih, hijau, kuning, serta merah.

“Arsitektur Istana Maimoon dipengaruhi oleh berbagai budaya, seperti Belanda pada jendela dan pintu yang tinggi dan lebar, Persia pada lengkungan atap, dan Italia pada furnitur seperti lampu kristal di area singgasana sultan. Namun, bangunan ini tetap mempertahankan ciri khas Melayu Deli dengan warna kuning keemasannya,” beber T. Reizan Ivansyah.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara menyambut positif kepedulian terhadap Istana Maimoon di Medan. Adanya program revitalisasi dan kontribusi Nippon Paint terhadap Istana Maimoon ini sangat sejalan dengan gerakan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) sehingga Bank Indonesia berkolaborasi dengan Nippon Paint dalam kegiatan pengecatan ulang Istana Maimoon sebagai bangunan ikonis kebanggaan Kota Medan.

Program Warnai Kehidupan #ColouringLives Nippon Paint yang berfokus pada pelestarian dan pengembangan bangunan ikonis di Indonesia merupakan agenda tahunan yang telah dilakukan sejak 2022.

“Melalui program Warnai Kehidupan #ColouringLives, kami berharap dapat memberikan kontribusi dan dampak positif yang berkelanjutan pada bangunan-bangunan bersejarah di Indonesia agar tetap terjaga dan menjadi aset bangsa yang lestari,” pungkas Mark Liew.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)