Sandiaga Uno Sambut Baik Mesin Refil Air Minum Karya Anak Bangsa: Dorong Indonesia Hijau

Rabu, 14 Agustus 2024 - 22:22 WIB
loading...
Sandiaga Uno Sambut...
Sandiaga Uno meluncurkan mesin refil air minum bernama Fill-It, Rabu (14/8/2024). Mesin karya anak bangsa dari komunitas Komib tersebut tersedia di Halte TransJakarta Bundaran Hotel Indonesia. Foto/MPI/Syifa Fauziah Ramadhani
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meluncurkan mesin refil air minum bernama Fill-It, Rabu (14/8/2024). Mesin karya anak bangsa dari komunitas Komib (Karya Pelajar Mengabdi Bangsa) tersebut tersedia di Halte TransJakarta Bundaran Hotel Indonesia.

Sandiaga Uno menjelaskan, sampah di Indonesia sangat luar biasa banyaknya. Di Jakarta sendiri ada sebanyak 7 ribu ton dan seluruh Indonesia 7,8 juta ton plastik setiap tahun.

“Ini harus kita upayakan untuk dikurangi. Saya melihat Fill-It ini mendorong Indonesia hijau, ekonomi hijau, dan berkelanjutan,” ujar Sandiaga Uno saat ditemui di Halte TransJakarta Bundaran Hotel Indonesia, Rabu (14/8/2024).



Sandiaga sangat mengapresiasi Komib yang berada di bawah bimbingan Kemendikbud Ristek sebagai anak muda yang tidak berhenti berinovasi. Langkah ini juga sebagai salah satu cara untuk menjaga bumi.

“Fill-It ini harus didukung untuk sosialisasi bahwa kita harus jaga bumi kita agar selalu dilestarikan dan mudah-mudahan salah satu daripada melestarikan bumi kita pakai transportasi publik dan kita pastikan Fill-It ini bisa jadi transformasi agent untuk capai Indonesia Emas 2045,” tuturnya.

Sandiaga menuturkan, sudah mencoba menggunakan Fill-It tersebut. Dia mengatakan, caranya sangat mudah.



“Mudah kok tinggal pilih (minuman), scan QRIS-nya terus di-refill pakai air mineral OK OC,” ujar Sandiaga.

Saat ini mesin Fill-It hanya tersedia di Halte Transjakarta Bundaran HI Astra. Menparekraf memastikan nantinya mesin ini menjadi kebutuhan yang cukup tinggi di Jakarta.

"Kita akan berkoordinasi dengan TransJakarta agar mesin ini bisa disediakan di tiap halte-halte sesuai dengan kebutuhan masyarakat," pungkasnya.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)