Sandiaga Uno Sambut Positif Kehadiran Tlusure, Aplikasi Pemandu Wisata Digital Karya Anak Bangsa

Rabu, 26 Januari 2022 - 23:59 WIB
loading...
Sandiaga Uno Sambut Positif Kehadiran Tlusure, Aplikasi Pemandu Wisata Digital Karya Anak Bangsa
Menparekraf Sandiaga Uno saat peluncuran aplikasi Tlusure secara virtual, Rabu (26/1/2022). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyambut baik peluncuran Tlusure , aplikasi yang diharapkan mampu membuat wisatawan lebih nyaman untuk berwisata di Tanah Air sehingga dapat meningkatkan kualitas wisata sekaligus membangkitkan ekonomi serta membuka lapangan kerja.

“Peluncuran Tlusure ini sudah saya tunggu-tunggu. Aplikasi Tlusure semoga membuat wisatawan lebih nyaman untuk berwisata di Tanah Air,” ujar Sandiaga saat menghadiri peluncuran aplikasi tersebut secara virtual, Rabu (26/1/2022).



Sandiaga menjelaskan bahwa dampak pandemi yang sudah berlangsung dua tahun lebih menimbulkan keprihatinan terhadap ekonomi secara menyeluruh, termasuk di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf). Maka diperlukan terobosan yang inovatif untuk membantu masyarakat agar kembali bergairah, salah satunya melalui digitalisasi.

“Aplikasi Tlusure akan menjadi pemandu wisatawan untuk berkegiatan. Ide inovatif seperti aplikasi Tlusure ini harus terus dirancang dan diimplementasikan, serta harus meningkatkan taraf hidup masyarakat, memperluas kesempatan kerja, dan mendayagunakan UMKM, kemudian Desa Wisata bisa berkolaborasi dengan Tlusure,” paparnya.





Sebagai informasi, Tlusure merupakan aplikasi buatan anak bangsa yang akan menjadi "sahabat" digital bagi penggunanya untuk mendapatkan rekomendasi aktivitas di luar rumah dengan memberikan informasi tingkat keramaian dan penerapan protokol kesehatan di tempat yang ingin dituju.

Rekomendasi yang diberikan aplikasi ini bahkan menyesuaikan dengan kepribadian dan mood pengguna saat itu. Aplikasi ini juga dapat membantu pengguna lain dengan memberikan live update dan review tertulis serta menyarankan tempat dan aktivitas baru.

Selain itu, pebisnis/pemilik wisata dapat berpartisipasi aktif dengan mendaftarkan dan memberikan update informasi tempat yang dikelola.

"Masyarakat berusaha beradaptasi ke new normal, namun mereka kesulitan dalam mencari sumber informasi yang dapat diandalkan di tengah informasi yang tidak terstruktur. Untuk dapat membantu masyarakat menjalankan kehidupan sehari-hari dengan aman di masa pandemi, kami berinisiatif merealisasikan ide untuk membuat aplikasi yang dapat membantu masyarakat menjalankan aktivitasnya. Maka terciptalah aplikasi Tlusure,” ungkap CEO FAB Indonesia Fritz B.Tobing selaku inisiator aplikasi Tlusure pada kesempatan yang sama.

Co-Founder dan CEO Tlusure Sandy Tantra menambahkan, saat ini Tlusure juga sedang dalam proses kolaborasi dengan Kementerian Kesehatan untuk bersinergi dengan aplikasi PeduliLindungi. Sehingga dengan update tracking terkini, diharapkan hal itu bisa meningkatkan kepercayaan wisatawan untuk mengeksplorasi berbagai destinasi wisata dengan aman dan nyaman.

“Saat ini Tlusure sudah dapat diakses di seluruh Indonesia melalui ponsel berbasis Android. Sementara untuk masyarakat pengguna IOS dapat mengunduhnya diperkirakan pada akhir Maret 2022,” ungkap Sandy.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2179 seconds (0.1#10.140)