Tak Usah Bingung Pilih Mana, Sekarang Anda Bisa Periksa Genomik Sekaligus MCU

Kamis, 15 Agustus 2024 - 05:30 WIB
loading...
Tak Usah Bingung Pilih...
(Foto: dok Prodia)
A A A
JAKARTA - Dalam keseharian yang sibuk dan penuh tekanan, terkadang kesehatan menjadi terabaikan. Padahal, pemahaman mengenai kondisi kesehatan dapat sangat bermanfaat. Mulai dari deteksi dini penyakit, pencegahan komplikasi penyakit, hingga peningkatan kualitas hidup dan produktivitas secara keseluruhan.

Dua pendekatan utama yang dapat dilakukan adalah dengan medical check-up (MCU) dan pemeriksaan genomik. Namun, tidak sedikit dari kita yang belum memahami perbedaan dan manfaat kedua jenis pemeriksaan ini.

MCU seperti pemeriksaan status kolestrol atau status gula darah pada umumnya dilakukan secara berkala sebagai landasan kesehatan yang berisi rangkaian pemeriksaan rutin untuk mengevaluasi kondisi kesehatan seseorang secara menyeluruh.

MCU terdiri dari pemeriksaan laboratorium dan tes fisik yang dapat mendeteksi berbagai penyakit dan kondisi kesehatan terkini bahkan sebelum gejala muncul. Sehingga, memungkinkan kita untuk memantau berbagai aspek kesehatan tubuh, mulai dari tekanan darah, kadar gula darah, hingga fungsi organ-organ vital untuk mempercepat penanganan dan mencegah komplikasi yang lebih parah apabila terdeteksi masalah.

Manfaat Medical Check-up

• Deteksi Dini Penyakit: Pemeriksaan rutin dapat mendeteksi penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan kanker pada tahap awal, sehingga meningkatkan peluang pengobatan berhasil.

• Pemantauan Kondisi Kesehatan: Bagi mereka yang memiliki kondisi kronis, medical check-up membantu dalam pemantauan dan penyesuaian perawatan untuk mengelola kondisi tersebut dengan lebih baik.

• Pencegahan:Tes dan pemeriksaan yang dilakukan dapat mengidentifikasi faktor risiko, seperti kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi memungkinkan mencegah perkembangan penyakit lebih lanjut.

• Konsultasi Kesehatan: Medical check-up memberikan kesempatan untuk berkonsultasi dengan dokter tentang gaya hidup sehat, nutrisi, dan tindakan pencegahan lainnya.

Sementara itu, pemeriksaan genomik menawarkan pendekatan yang lebih personal dalam bentuk prediksi dan pencegahan penyakit. Dengan menganalisis DNA, kita dapat mengidentifikasi kecenderungan genetik terhadap penyakit tertentu, seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, bahkan pola hidup olahraga dan diet yang tepat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1486 seconds (0.1#10.140)