Viral! Penampakan Buku yang Diduga Pedoman Bullying di PPDS, Ahli Kesehatan Buka Suara

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 21:21 WIB
loading...
Viral! Penampakan Buku...
Viral di media sosial belum lama ini penampakan buku yang diduga merupakan pedoman bullying alias perundungan. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Viral di media sosial belum lama ini penampakan buku yang diduga merupakan pedoman bullying alias perundungan.

Buku pedoman bersampul merah yang bertuliskan 'Unthulektomi' itu tampak berisi sejumlah pedoman adat dan kebiasaan, juga hirarki dalam Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS). Jika diperhatikan secara seksama, isi pedoman buku tersebut mayoritas terlihat mengarah ke ‘senioritas’ yang terjadi di lingkungan PPDS.

Misalnya, aturan yang mengharuskan junior datang lebih dulu dari senior hingga aturan junior harus makan lebih belakangan dari senior.



Ada juga aturan di mana junior dilarang banyak bertanya dan harus siap menerima tugas kestra dari senior.

Hal ini lantas menjadi sorotan. Mengingat baru-baru ini heboh kasus dugaan bunuh diri yang dilakukan seorang mahasiswi PPDS Undip gegara bulying.

Menanggapi hal ini, Ahli Kesehatan dr Dicky Budiman mengatakan, sejauh ini dirinya tidak pernah menemukan pedoman PPDS tersebut dalam dunia pendidikan kedokteran. Dicky juga mengaku tidak mengetahui secara pasti sistem PPDS di Indonesia, mengingat ia sendiri lama mengenyam pendidikan kedokteran di luar negeri.

Berbeda dengan Indonesia, pedoman yang terkesan mengagungkan aksi ‘senioritas’ itu justru tidak ada di sistem pendidikan kedokteran di negara-negara maju.

“Umumnya nggak ada yang seperti itu sejauh yang saya lihat dan saya alami,” ujar dokter yang telah meraih gelar magister sains dalam bidang epidemiologi penyakit menular dari Universitas Griffith, Australia, saat diwawancara baru-baru ini.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)