7 Tempat Makan Legendaris yang Ada sebelum Indonesia Merdeka

Minggu, 18 Agustus 2024 - 09:40 WIB
loading...
7 Tempat Makan Legendaris...
Beberapa tempat makan legendaris sudah ada sebelum Indonesia merdeka yakni pada 17 Agustus 1945. Indonesia sendiri adalah negeri yang kaya akan sejarah. Foto/Google Maps Tugu Kunstring Paleis
A A A
JAKARTA - Beberapa tempat makan legendaris sudah ada sebelum Indonesia merdeka yakni pada 17 Agustus 1945. Indonesia sendiri adalah negeri yang kaya akan sejarah, termasuk dalam dunia kuliner.

Menariknya, tempat makan legendaris yang telah eksis sejak sebelum Indonesia merdeka ini bisa ditemukan di seluruh kota. Di mana hingga kini masih menjadi favorit banyak orang.

Tempat-tempat ini tidak hanya menawarkan rasa otentik, tetapi juga menyimpan kisah sejarah yang panjang. Dengan mempertahankan resep dan suasana otentik sejak zaman dulu, tempat makan ini berhasil mempertahankan eksistensinya di tengah arus modernisasi.

Mengunjungi tempat makan ini bukan hanya soal mencicipi kuliner klasik, tetapi juga merasakan perjalanan waktu ke masa lalu. Berikut adalah beberapa tempat makan legendaris yang sudah ada sebelum Indonesia merdeka dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (18/8/2024).

7 Tempat Makan Legendaris yang Ada sebelum Indonesia Merdeka





1. Toko Oen, Malang - 1930

7 Tempat Makan Legendaris yang Ada sebelum Indonesia Merdeka

Foto/Google Maps Donald Parengkuan

Lokasi: Jalan Jenderal Basuki Rahmat No.5, Malang

Toko Oen adalah salah satu restoran legendaris yang terletak di Kota Malang. Didirikan pada 1930 oleh seorang pengusaha Belanda, tempat ini awalnya merupakan sebuah toko roti dan es krim.

Interiornya masih mempertahankan nuansa kolonial dengan perabotan kayu dan lantai ubin klasik. Menu di Toko Oen terdiri dari hidangan Eropa klasik seperti steak, schnitzel, dan tentunya es krim yang menjadi andalan sejak dulu.

2. Ragusa Es Italia, Jakarta - 1932

7 Tempat Makan Legendaris yang Ada sebelum Indonesia Merdeka

Foto/Google Maps Fe Fern

Lokasi: Jalan Veteran I No.10, Gambir, Jakarta Pusat

Ragusa Es Italia yang terletak di Jakarta Pusat ini sudah berdiri sejak 1932. Didirikan oleh dua bersaudara asal Italia, Ragusa tetap mempertahankan keaslian rasa es krimnya hingga saat ini.

Tempat ini terkenal dengan es krim spaghetti-nya, yang disajikan dengan taburan coklat dan buah-buahan. Selain es krim, suasana retro di Ragusa juga menjadi daya tarik bagi pengunjung.

3. Warung Kopi Purnama, Bandung - 1930

7 Tempat Makan Legendaris yang Ada sebelum Indonesia Merdeka

Foto/Instagram @warungkopipurnama

Lokasi: Jalan Alkateri No.22, Braga, Bandung

Warung Kopi Purnama adalah salah satu kedai kopi legendaris di Kota Bandung yang berdiri sejak 1930. Didirikan oleh seorang imigran asal Tiongkok, tempat ini menawarkan berbagai macam kopi tradisional dan roti bakar dengan isian khas, seperti srikaya.

Suasana di Warung Kopi Purnama masih terasa otentik dengan desain interior yang sederhana dan foto-foto sejarah yang menghiasi dinding.



4. Keuken Van Elsje, Bandung - 1920

7 Tempat Makan Legendaris yang Ada sebelum Indonesia Merdeka

Foto/Instagram @keukenvanelsje

Lokasi: Jalan Buton No.11, Bandung

Keuken Van Elsje, yang berarti Dapur Van Elsje dalam bahasa Belanda, adalah sebuah restoran Belanda otentik yang didirikan di Jalan Buton No. 11, Bandung sejak 1920. Restoran ini terinspirasi oleh resep-resep turun temurun keluarga Elsje, yang telah dilestarikan selama beberapa generasi.

Keuken Van Elsje berkomitmen untuk menghadirkan hidangan Belanda klasik dengan sentuhan modern, menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi. Menu yang ditawarkan mulai dari hidangan pembuka seperti kroket dan bitterballen hingga hidangan utama seperti steak, dan stamppot. Tempat ini buka hari Selasa hingga Minggu pukul 11.00 WIB.

5. Soto Betawi H. Ma'ruf, Jakarta - 1940-an

7 Tempat Makan Legendaris yang Ada sebelum Indonesia Merdeka

Foto/Google Maps Yanwar Iswahyudi

Lokasi: Jalan RP Soeroso No.36A 2 Gondangdia, Cikini, Jakarta Pusat

Soto Betawi H. Ma'ruf mungkin bukan restoran yang paling tua, tetapi tempat makan ini sudah ada sejak era 1940-an, sebelum Indonesia merdeka. Soto Betawi khas buatan H. Ma’ruf ini menjadi salah satu ikon kuliner Betawi yang terkenal dengan kuah santannya yang gurih dan daging sapi empuk.

Terletak di kawasan Jakarta Pusat, Soto Betawi H. Ma'ruf tetap eksis dan menjadi favorit banyak orang hingga kini.

6. Tugu Kunstkring Paleis, Jakarta - 1914

7 Tempat Makan Legendaris yang Ada sebelum Indonesia Merdeka

Foto/Google Maps Albert Novianto

Lokasi: Jalan Teuku Umar 1, Gondangdia, Jakarta Pusat

Tugu Kunstkring Paleis awalnya dibangun pada 1914 sebagai gedung seni di kawasan Menteng, Jakarta. Meskipun tempat ini bukan restoran sejak awal, namun saat ini Tugu Kunstkring Paleis telah diubah menjadi restoran mewah yang menawarkan berbagai hidangan klasik Indonesia dan Eropa.

Gedung ini masih mempertahankan arsitektur aslinya yang megah. Sehingga menjadikannya tempat makan yang unik dengan nuansa sejarah yang kental.



7. Braga Permai Bandung, Bandung - 1923

7 Tempat Makan Legendaris yang Ada sebelum Indonesia Merdeka

Foto/Instagram @tedx93

Lokasi: Jalan Braga No.58, Bandung

Braga Permai Bandung adalah sebuah restoran legendaris yang telah berdiri sejak 1923 dan buka setiap hari pukul 08.00 - 22.30 WIB. Restoran ini dulunya dikenal sebagai Maison Bogerijen, didirikan oleh L Van Bogerijen sebagai tempat makan untuk para pejabat kolonial Belanda.

Restoran ini terkenal dengan suasana klasiknya yang menawan, dengan interior bergaya Eropa yang masih terawat dengan baik. Braga Permai menawarkan menu yang beragam, mulai dari hidangan Eropa klasik seperti steak, pasta, dan salad, hingga hidangan Indonesia yang autentik seperti soto Bandung, nasi rames dan nasi kuning.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)