Pemerintah Berencana Aktifkan PeduliLindungi untuk Cegah Cacar Monyet

Rabu, 28 Agustus 2024 - 11:40 WIB
loading...
Pemerintah Berencana...
Pemerintah berencana mengaktifkan kembali PeduliLindungi sebagai langkah preventif menghadapi potensi penyebaran cacar monyet atau Monkeypox di Indonesia. Foto/dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah berencana mengaktifkan kembali aplikasi PeduliLindungi sebagai langkah preventif menghadapi potensi penyebaran cacar monyet atau Monkeypox di Indonesia. Langkah ini diambil menyusul meningkatnya kekhawatiran akan penyebaran virus tersebut di beberapa negara.

Dengan menghidupkan kembali aplikasi yang pernah menjadi andalan selama pandemi Covid-19, pemerintah berharap dapat memantau pergerakan dan kesehatan masyarakat lebih efektif. Sekaligus memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan ketat demi mencegah meluasnya wabah cacar monyet .

Aplikasi ini akan digunakan untuk memantau dan mendeteksi orang-orang yang berpotensi menyebarkan virus. Terutama mereka yang datang dari luar negeri.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, mengungkapkan bahwa setiap individu yang terdeteksi melalui aplikasi ini akan diberikan kode QR dengan kategori hijau, kuning, atau merah.





"Jadi bapak Presiden tadi sudah memutuskan kita akan aktifkan lagi Electronic Surveillance Card. Dulu ingat PeduliLindungi," kata Menkes Budi di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Selasa, 27 Agustus 2024.

"Jadi orang-orang datang dari luar negeri, dia isi. Nanti dikasih QR Code kalau dia kuning, hijau, merah," sambungnya.

Mereka yang masuk kategori merah akan diobservasi lebih lanjut dan menjalani tes PCR di lokasi. Seperti Jakarta, Cengkareng, dan Bali, yang menjadi titik fokus mengingat adanya Konferensi Asia-Afrika Leaders Meeting.

Pemerintah juga telah menyiapkan mesin PCR untuk penanganan cepat terhadap pasien yang terindikasi positif. "Kalau hijau ya nggak usah diapa-apain. Kalau kuning, merah kita lihat suhunya. Kalau ternyata memang tinggi dan ada ruam-ruam nanti diambil PCR," jelasnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2091 seconds (0.1#10.140)